Solusi Mengatasi Ngantuk Sehabis Makan Sahur

tabloidbintang.com | 15 April 2022 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rasa kantuk yang tidak tertahankan setelah menyantap hidangan sahur menyebabkan sebagian orang memutuskan untuk tidur kembali. Banyak penelitian juga menganjurkan untuk tidak tidur setelah makan.

Seperti dilansir laman New Health Advisor, selain menerapkan jam tidur yang lebih awal pada bulan puasa untuk menghindari kantuk, Anda dapat mencegah timbulnya kantuk dengan cara berikut:

- Hindari stres dan buat jadwal tidur yang teratur ketika berpuasa. Pola tidur Anda akan mempengaruhi respon tubuh setelah makan. Anda yang kurang tidur, biasanya akan mengantuk ketika perut Anda terisi dengan makanan.

- Anda bisa mengurangi rasa lelah yang timbul setelah makan dengan memperbanyak makanan yang mengandung serat, seperti kacang-kacangan, buah segar, dan gandum.

- Kurangi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Gula akan diubah mejadi glukosa dalam tubuh. Glukosa ini nantinya akan meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh secara cepat. Tubuh akan melepaskan insulin untuk memproses glukosa tersebut. Setelah itu, kadar gula darah akan menurun dengen cepat dan menyebabkan tubuh kehilangan energi dan mudah lelah.

- Setiap jenis karbohidrat membutuhkan enzim yang berbeda untuk mengubahnya menjadi glukosa. Jika tubuh kekurangan enzim tertentu yang dibutuhkan, maka akan memperlambat proses pengubahan tersebut. Selain timbul rasa kantuk, Anda juga bisa mengalami masalah pada bagian usus.

- Kurangi makanan tinggi protein yang mengandung tryptophan (asam amino yang "menguras" energi dalam tubuh) seperti telur, ikan, bayam, tahu, keju, dan kedelai.

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait