Rayakan Hari Anak Nasional, Ini Dia Empat Ide Kegiatan Seru yang Bermakna

tabloidbintang.com | 23 Juli 2022 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tanggal 23 Juli setiap tahunnya diperingati masyarakat Indonesia sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Dirayakan sebagai bentuk kepedulian serta perhatian terhadap anak-anak di seluruh Indonesia, Hari Anak Nasional juga sering kali dimanfaatkan sebagai momen membangun kedekatan antara orang tua dan anak melalui aktivitas spesial yang dilakukan bersama.  Tak perlu repot, membangun kedekatan dengan anak pun dapat dilakukan dengan kegiatan sederhana yang bukan hanya menyenangkan, tapi juga hemat pengeluaran. 

Penasaran apa saja kegiatannya? Simak empat ide rayakan Hari Anak Nasional berikut ini:

Libatkan diri dalam hobi dan minat anak
Memasuki usia tertentu, anak biasanya mulai menunjukkan minat khusus atau mengembangkan hobi. Di tahap ini, memahami minat anak dan menunjukkan dukungan akan hobi atau minat tersebut selama positif tentu akan membangun kedekatan emosional antara anak dan orang tua. Menyambut momen spesial ini, coba luangkan waktu untuk mendalami minat anak dan rencanakan aktivitas bersama yang berhubungan dengan minat tersebut. Misalnya, jika anak sedang asyik mengeksplorasi kegiatan seni lukis atau fotografi; cari kegiatan workshop melukis terdekat untuk dilakukan bersama, atau tawari anak untuk mengunjungi tempat seru yang biasa dimanfaatkan sebagai spot hunting foto.

Jelajahi suasana baru dengan wisata bersama anak
Hari Anak Nasional yang tahun ini jatuh pada akhir pekan menjadi momen yang sangat pas bagi orang tua untuk merencanakan kunjungan bersama ke destinasi spesial. Tidak melulu harus ke mal atau pusat perbelanjaan, momen “liburan kecil” ini dapat dimulai dari destinasi terdekat yang dapat diakses dari rumah, namun jarang dikunjungi bersama anak sebelumnya. Taman kota, museum sejarah budaya, serta wisata kebun dan petik buah bisa menjadi ide tujuan wisata yang bukan hanya seru, kegiatan bersama di rangkaian destinasi ini juga bisa menambah wawasan anak. Tips bagi orang tua, riset lebih lanjut aktivitas potensial serta persiapan yang perlu dilakukan seperti bekal atau akomodasi, serta pastikan fasilitas ramah anak untuk usia tertentu yang dapat dimanfaatkan di tujuan wisata pilihan.

Susun agenda spesial makan bersama keluarga
Makan bersama menjadi salah satu momen dimana anggota keluarga berkumpul dan bercengkrama. Untuk menghadirkan pengalaman lebih menyenangkan, jadikan kegiatan makan bersama ini makin istimewa dengan menyajikan kudapan favorit anak. Kegiatan ini juga dapat dilengkapi dengan proses memasak bersama serta diskusi dengan anak tentang makanan apa yang sedang diidamkan. Jika ingin bebas repot atau punya waktu terbatas, manfaatkan juga layanan pesan antar seperti ShopeeFood yang menawarkan rangkaian promo untuk berbagai merchant favorit. Anak pun biasanya ikut semangat untuk merekomendasikan makanan atau minuman yang sedang tren atau ingin mereka coba.

Wujudkan wishlist sederhana yang diidamkan anak
Di hari yang spesial ini, tidak ada salahnya kita menunjukkan perhatian kepada anak dengan mewujudkan wishlist sederhana dari barang yang mereka sukai atau dambakan. Berbagai tanda kasih pun dapat menjadi pilihan sesuai usia anak, mulai dari seri mainan dari koleksi yang mereka kumpulkan, camilan kesukaan, album atau merchandise dari musisi yang mereka gemari, hingga barang yang sudah masuk dalam online cart mereka beberapa waktu terakhir.

Di tengah budget terbatas, pilihan membantu anak menabung untuk mewujudkan wishlist mereka tentu dapat dilakukan. Tetap praktis, orang tua dapat langsung mentransfer ke akun dompet digital atau rekening pribadi anak untuk membuat wishlist mereka terwujud lebih cepat. Tips penting agar tetap hemat, manfaatkan fitur Transfer ShopeePay yang menawarkan benefit transfer ke ShopeePay wallet atau ke semua rekening bank secara gratis tanpa biaya admin, bebas kuota, dan langsung sampai. Tetap nyaman, fitur Transfer ShopeePay juga bisa diakses langsung via aplikasi Shopee tanpa perlu install aplikasi baru. 

Itulah empat ide kegiatan untuk merayakan Hari Anak Nasional di bulan Juli ini. Maksimalkan setiap momen bersama untuk membangun kedekatan bersama anak, serta dukung minat mereka melalui aktivitas positif. Tak lupa, maksimalkan teknologi dan fitur digital, seperti fitur Transfer ShopeePay untuk kebutuhan transaksi digital yang mudah, nyaman, hemat, dan menguntungkan. Hingga Agustus mendatang, raih juga kesempatan mendapatkan bonus saldo total 10 miliar dengan menggunakan fitur Transfer ShopeePay. Menyenangkan bukan? Selamat bersenang-senang bersama anak, ya!

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait