Ketika Sahabat Tiba-tiba Bilang Kalau Dia Lagi Selingkuh

Redaksi | 21 September 2022 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Duh! Ini jelas bukan sesuatu yang mengenakkan untuk didengar telinga. Tapi dia, yang selingkuh itu, sahabat Anda sendiri. Seseorang yang pastinya berarti dalam kehidupan Anda selama ini. Ketika dia tiba-tiba mengaku sedang selingkuh dari pasangannya, apa yang harus Anda lakukan sebagai sahabat?

Dilansir dari Self, setidaknya ada 6 tahapan yang bisa dilakukan untuk kebaikan kedua belah pihak. Bagi sahabat dan tentunya Anda sendiri.

Tahap 1

Akui jika Anda merasa tidak nyaman dengan pengakuannya. Dan tidak masalah jika reaksi Anda hanya melongo atau syok. Karena memang tidak ada kata-kata yang tepat untuk merespons hal semacam ini. Mungkin kita terbiasa dengan konsep membenci perselingkuhan. Tapi ketika hal itu dilakukan sahabat sendiri, tentu terselip juga rasa simpati dan empati untuk sahabat. Maka tenang saja, bereaksilah sewajar mungkin dan ambil waktu sebanyak yang Anda butuhkan untuk benar-benar menanggapi pengakuan tersebut. 

Langkah 2

Ingatkan diri Anda, bahwa perselingkuhan tidak sesederhana itu. Perlu diketahui, bahwa kebanyakan alasan perselingkuhan tidak pernah bermaksud untuk menyakiti pasangannya. Perselingkuhan menyebalkan, tapi tidak lantas membuat sahabat Anda jadi seorang kriminal. 

Tahap 3

Karena alasan perselingkuhan yang bisa jadi rumit, maka pada tahapan selanjutnya, Anda berhak bertanya soal alasannya berselingkuh. Ini akan membantu Anda memahami apa yang sebetulnya sahabat Anda butuhkan. Dan apa alasannya menceritakan perselingkuhannya kepada Anda. Butuh bantuan apa dari Anda. 

Tahap 4 

Bersiaplah, karena mungkin Anda akan tidak menyukai alasan yang dikemukakan sahabat soal perselingkuhannya. Karena selalu ada kemungkinan sahabat Anda ternyata, ya sekadar selingkuh untuk bersenang-senang. Dan ini mungkin seketika akan meruntuhkan empati Anda.

Tahap 5

Jangan ragu untuk membuat batasan. Jika Anda memang tidak ingin dilibatkan lebih jauh atau bahkan tidak ingin hangout bersama lagi, katakan terus terang. Namun bukan berarti Anda berhak membocorkan perselingkuhannya atau jadi teman yang 'ember'. Katakan bahwa Anda tidak menyukai perbuatannya, tapi Anda tetap menghargai sebagai sahabat.

Tahap 6

Sebaliknya, jika setelah mendengar kisah sesungguhnya Anda terpikir untuk mendukung sahabat sepenuhnya, maka bersiaplah menghadapi segala penghakiman orang yang mungkin juga akan Anda terima. Kebalkan telinga. Toh Anda yakin sahabat memiliki alasan kuat.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait