Tanda-Tandanya Anda Perlu Melakukan Healing

Vallesca Souisa | 7 November 2022 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - "Healing" kata ini sering kali terdengar akhir-akhir ini seperti "tren". Sayangnya, jadi samar, karena orang kerap mengartikannya menjadi sama seperti "refreshing". Padahal berbeda. Healing bukan aktivitas senang-senang seperti refreshing. Healing adalah proses pemulihan diri atau penyembuhan dari emosi dan pikiran negatif. Ini membutuhkan proses, tahapan, dan terkadang bukan sesuatu yang mengenakkan. Jadi enggak sembarangan, sedikit-sedikit healing, lalu jalan-jalan, seperti yang mudah terucap saat ini.

Kapan dan dalam kondisi seperti apa, seseorang dikatakan butuh "healing"? Berikut ini tanda-tandanya seseorang butuh healing, menurut menurut psikolog Yonmar Desta Hanggara, S.psi, Cht, dikutip melalui @yonmarhanggara

1. Kehilangan Fokus
Ada masa di mana kita melalui hari-hari yang berat. Bikin lelah secara emosi maupun fisik. Perasaan jadi gundah gulana. Pikiran jadi penuh, hinga sulit berkonsentrasi. Sedikit-sedikit pikiran bisa melayang entah kemana. Stres, kelelahan, dan lapar adalah beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang kehilangan fokus. Tapi kalau Anda merasa pemicunya bukan itu juga, kemungkinan Anda membutuhkan healing.

2. Mengalami Kelelahan Ekstrem
Kelelahan tak berarti hanya secara fisik, tapi secara emosional pun kita bisa mengalami kelelahan. Tandanya diantaranya mengalami lelah luar biasa, padahal waktu tidur sudah cukup. tetiba Anda jadi lebih sensitif, mudah marah bahkan untuk hal-hal kecil, jika merasakan ini, sebaiknya menepilah sejenak dari rutinitas tuntutan pekerjaan dan segala aktivitas. kembalilah lai saat merasa sudah siap.

3. Gampang Menangis dan Sulit Mengendalikan Emosi
Akhir-akhir ini Anda merasa mudah sekali marah, hanya karena perkara kecil. Gampang sekali meneteskan air mata, tanpa sebab yang jelas, mudah sekali terpancing secara emosional.

4. Suntuk Sepanjang Waktu
Ketika Anda melihat kerjaan dan urusan-urusan di depanmu sudah banyak menghela napas, apalagi satu belum selesai dikerjakan sudah muncul lagi yang lain, lalu bingung. Bingung mu mulai dari yang mana? Disusul dengan rasa suntuk dan jadi tak bersemangat. Saking bingungnya, malah jadi tak bersemangat. Jika Anda merasakannya saat ini, salah satu tanda Anda membutuhkan waktu untuk self healing.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait