4 Destinasi Wisata yang Bikin Bangga pada Indonesia Rekomendasi Prisia Nasution

Wayan Diananto | 20 April 2019 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Prisia Nasution menyebut, ada banyak cara untuk membangkitkan kebanggaan terhadap Indonesia. Salah satunya, dengan berwisata. Aktris kelahiran 1 Juni ini menyebut, selain Bali yang mendunia, ada 4 tempat yang membuatnya makin bangga pada Indonesia.

“Saat mengunjungi tempat-tempat ini, saya berpikir, 'Ya ampun, ternyata Indonesia keren banget!'” beri tahu Pia di Jakarta, pekan lalu. 

1.    Raja Ampat (Papua)


“Saya tinggal di Indonesia bagian barat, sementara Raja Ampat di timur. Mayoritas kawasan wisata di Indonesia Timur warna alamnya tidak dimiliki negara tetangga lainnya. Kalau di Indonesia Barat rumpun dan budayanya punya kemiripan dengan Singapura, Thailand, dan Malaysia,” Pia mengulas. Tak heran banyak wisatawan menaruh minat tinggi untuk menjelajahi Raja Ampat. Kali pertama bertandang ke Raja Ampat, Pia menyimpulkan, “Tak ada tempat lain di dunia yang seindah Raja Ampat.”

2.    Banda Neira (Maluku)


Indonesia Timur adalah wajah lain Nusantara. Selain Papua dan Nusa Tenggara, Pia menilai perairan Maluku tak kalah elok. Banda Neira, salah satu yang direkomendasikannya. Pantai Pisang, Pulau Hatta, dan Benteng Belgica yang dibangun bangsa Portugis pada abad ke-16 layak disambangi. 

3.    Candi Singasari (Jawa Timur)


“Pulau Jawa sangat komplet. Anda mau mencari pantai, gunung, sampai candi pun ada. Mau merasakan cuaca dingin, Gunung Bromo pada dini hari menyajikan panorama matahari terbit, gugusan awan yang dramatis, dan cuaca sejuk,” Pia bercerita. Dulu, pulau ini punya banyak kerajaan yang meninggalkan sejumlah situs budaya termasuk candi. Omong-omong soal candi, pilihan Pia jatuh pada Candi Singasari di Jawa Timur. Konon candi ini tempat pertemuan Ken Arok dan Ken Dedes untuk kali pertama. Di candi ini, ada pohon buah maja yang menjadi cikal bakal nama Majapahit. “Bentuk Candi Singasari kecil. Orang bilang candinya begitu saja. Justru karena kurang populer dan jarang dikunjungi wisatawan, unsur mistis Candi Singasari terasa sangat kental. Saya menyukainya. Candi mengajak kita untuk tidak melupakan sejarah,” imbuhnya.   

4.    Danau Toba (Sumatra Utara)


Kebanggaan Pia mekar saat mudik ke kampung halaman ayahnya, Sumatra Utara. Salah satu ikonnya, Danau Toba, terbentuk dari letusan gunung berapi berkekuatan super lalu menciptakan cekungan sepanjang 100 km. Cekungan ini terisi air lalu terciptalah pemandangan rupawan. “Bukan semata karena ayah saya dari Sumatra Utara, ya. Harus diakui Danau Toba memang bagus banget,” pungkas Pia.
Foto Pia: Berwisata membuat Pia makin bangga pada Indonesia.  

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait