Kritika Kamra Perlu 10 Tahun untuk Menembus Bollywood

Vallesca Souisa | 2 Januari 2019 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Arjun dan Arohi (ANTV) yang berjudul asli Kitani Mohabbat Hai (NDTV Imagine, 2009) telah membawa Kritika Kamra (30) memelesat di ranah Tellywood. Dan pertengahan tahun ini, ia menembus Bollywood lewat film komedi romantis Mitron. Meski tak masuk ke dalam jajaran film box office, penampilan Kritika mendapat aplaus, khususnya dari penggemar yang  mengikuti jejak kariernya sejak 10 tahun lalu. 

Gadis cantik kelahiran Bareilly, Uttar Pradesh, 25 Oktober ini mulanya tak berpikir menjadi aktris. Ia tertarik pada dunia mode dan mengejar impiannya dengan menuntut ilmu di Institut Nasional Teknologi Mode, New Delhi. 

“Jadi kalau saat ini saya tidak menjadi aktris, saya seharusnya menjadi perancang busana atau penata gaya. Namun saya senang, waktu itu saya mau mencoba akting dan akhirnya memilih bidang ini,” ungkap Kritika kepada Times of India, Juli 2017. 

Baru setahun kuliah di jurusan mode, Kritika mendapatkan tawaran audisi yang cukup menggoda. Ia mencobanya dan berhasil. Mengikuti kata hati, Kritika meninggalkan bangku kuliah dan membintangi serial remaja perdananya, Yahan Ke Hum Sikandar (2007-2008). 

Serial yang membuat Ekta Kapoor melirik dan menariknya bergabung dalam serial  nomor satu kala itu, Arjun dan Arohi. Sejak saat itu, Kritika memilih peran dan cerita yang spesifik.

“Saya dikenal sangat pemilih. Saya memilih konten yang menarik dan suka memerankan karakter yang kuat. Saya selalu berusaha memilih karakter yang membuat saya terkoneksi. Memilih skenario yang tepat juga penting!” bilang Kritika yang hobi menari dan mengoleksi album rekaman ini kepada Filmibeat, September 2018. 

Ia percaya, karakter yang ditangani pemain yang tepat, naskah yang baik, ditambah penghayatan yang kuat akan menghasilkan tontonan yang dinikmati banyak orang. Arjun dan Arohi mengganjarnya penghargaan Wajah Pendatang Baru—Wanita versi Indian Telly Awards 2009. Karier dan popularitasnya kian menanjak begitu mendapat penghargaan Aktris Pemeran Utama Terbaik dari Lions Gold Awards 2012, lewat perannya sebagai Dr. Nidhi di serial Kuch Toh Log Kahenge (2011-2013).

Akan tetapi, tetaplah butuh waktu untuk menggapai layar lebar. “Banyak orang berpikir, bermain di serial TV bisa jadi modal kami untuk ke layar lebar. Tidak semudah itu.  Mereka (insan perfilman) menganggap kami (aktor TV) tidak punya kepekaan sinematik. Banyak sekali tantangannya,” ungkap Kritika. 

Dia bersyukur dengan kesempatan yang dilayangkan tim produksi Mitron dan film ini tayang pertengahan tahun ini. Sebelumnya, ia pernah gagal audisi film dan bahkan sudah pernah syuting film, namun tak kunjung dirilis. “Film pertama biasanya menentukan peran-peran seperti apa yang selanjutnya datang kepada saya. Saya berharap akan banyak tawaran film lain datang setelah Mitron. Namun saya juga tidak menutup pintu untuk serial TV. Film atau serial TV, yang penting buat saya, kontennya menarik,” ucapnya. 

Di luar prestasinya, menjelang akhir tahun, Kritika digosipkan telah bertunangan dengan Uday Singh Gauri—CEO perusahaan manajemen artis Exceed Entertainment. Mantan kekasih Karan Kundra ini membantah. “Saya terkejut dengan berita ini. Saya belum bertunangan,”  tepisnya. 

Kritika kini tak terbuka seperti dulu, saat masih berpacaran dengan Karan pada 2009. “Dulu saya masih 18 tahun dan saya tidak pernah menyembunyikan apa pun, karena begitulah saya dididik dalam keluarga. Namun berada di industri hiburan, saya belajar, tidak semua hal perlu dibagi kepada publik. Saya harus bisa memilah mana yang bisa dibagi dan tidak. Sekarang saya memilih lebih menjaga privasi,” tegas Kritika, dikutip dari Hindustan Times, Oktober 2018. 

(val / gur)
 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait