4 Karakteristik Ini Selalu Ada Dalam Serial India, Bener Enggak?

Vallesca Souisa | 12 Mei 2021 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kalau Anda penonton serial India sejati, pastinya tahu dong seluk beluk dan ciri khas serial-serial India. Serial India yang suka bikin baper ini, secara garis besar kalau diperhatikan memiliki beberapa kesamaan atau karakteristik di dalamnya. 

Pertama, sebagian besar serial India menggambarkan kisah cinta yang berproses. Bisa dari sahabat menjadi cinta atau dari benci menjadi cinta seperti dalam serial Yeh Hai Mohabbatein—yang kini ditayangkan ulang di ANTV, Lonceng Cinta, Thapki. Proses ini sepertinya menjadi daya tarik sendiri dan membuat penonton gemas. 

Kedua, dalam beberapa serial India, ada saja kejadian atau adegan di mana pasangan atau pengantin sengaja ditukar atau pun tertukar dengan beragam cara yang unik.
Pengantin yang ditukar ini contohnya ada di serial Uttaran—kini juga ditayangkan ulang oleh ANTV—dan Thapki. Tukar menukar pengantin dialami para tokoh utamanya. Dan dapat dijamin, dalam setiap serial India maupun film layar lebar bergenre drama romantis atau komedi romantis, ada ritual pernikahan khas India.
Pengantin berjalan mengitari api suci sebanyak 7 kali putaran. Pemakaian sindoor sebagai tanda ikatan cinta yang sakral juga kerap kali disisipkan dalam serial India. 

Ketiga, kalau diperhatikan lagi, selalu ada tokoh nenek yang sangat dihormati si tokoh utama dan keluarganya. Nenek dalam kebanyakan serial India digambarkan berperan cukup besar mengatur kehidupan cucu-cucunya. Uniknya, nih, tokoh nenek dalam serial India itu usianya sangat panjang, lo.


Dari serial dimulai, ketika cucunya masih kecil, hingga cucunya sudah dewasa dan menikah, lalu memiliki anak lagi. Bahkan sampai si cucu atau tokoh utama meninggal, biasanya si nenek tetap ada.

Tokoh nenek biasanya eksis hingga episode pamungkas. Contohnya, nenek Tapasya dalam serial Uttaran, nenek Sagar dalam serial Gangaa (SCTV), nenek Veera dalam serial Veera, sampai Ba, nenek Ishani dalam serial Ranveer dan Ishani (SCTV). Bener enggak?

Keempat, hampir setiap serial India juga menyisipkan ritual keagamaan melalui kebiasaan tokoh-tokoh utamanya. Pasti akan ditemui patung Dewa Krishna, yang mereka hormati, plus beberapa ritual yang mereka lakukan di hadapan beberapa patung dewa. 
 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait