Kisah Cinta Tragis Lata Mengeskhar, Perbedaan Kasta Membuatnya Tak Menikah Seumur Hidup 

Vallesca Souisa Selasa, 8 Pebruari 2022 10:30:18
Lata Mangeshkar dan Raj Singh

TABLOIDBINTANG.COM - Bollywood tengah berkabung beberapa hari ini. Para selebriti papan atas turut berduka cita atas kepergian penyanyi playback lagendaris, Lata Mangeshkar.  

Kalau kalian menonton film-film hits India, pasti selalu ada tarian dan nyanyiannya. Suara merdu wanita di balik nyanyian-nyanyian yang ada hampir di setiap film-film sukses itu adalah miliki seorang wanita bernama Lata Mangeshkar, yang sudah bernyanyi, mengisi lagu-lagu untuk sinema India sejak usia 14  tahun. Mengisi lebih dari 900 judul film Bollywood, lebih dari 6 dekade. 

Penyanyi legendaris India ini, meninggal di Mumbai pada Minggu (6/2) lalu, di usia 92 tahun, setelah mengalami komplikasi, antara penyakit bawaaannya dan Covid-19. Beberapa hari lalu media di India ramai memberitakan kondisi kritis Lata, yang tengah dirawat menggunakan ventilator. Menurut Dr Pratit Samdani, yang merawatnya di RS Breach Candi mengatakan, Lata sempat dirawat di Unit perawatan intensif (ICU) RS breach Candy Mumbai. 

Sejak hari itu, kisah tentang Lata bergulir di mana-mana. Satu yang membuat haru adalah kisah cintanya di masa lalu, dengan seorang keturunan bangsawan India, Raj Singh.  Tak hanya berasal dari keluarga kerajaan, Raj Singh juga mantan Presiden BCCI dan bintang Kriket populer di masanya. 

Raj adalah teman dari saudara lelaki Lata, yakni Hridaynath Mangeshkar. Berawal dari teman baik, hubungan Lata dan Raj berkembang, kala tumbuh benih-benih cinta di antara mereka. Mereka menjadi sepasang kekasih, dan berencana untuk menikah. Sayangnya, cinta  mereka terhalang perbedaan kasta, yang masih sangat berpengaruh di India. 

Ayah Raj lebih-lebih sangat menentang hubungan Raj dengan Lata, yang latar belakangnya penyanyi playback, bukan dari keturuan kasta atas juga. Di masa itu titah ayah adalah segalanya, dan Raj sangat mematuhi ayahnya. Karena ultimatum sang ayah, Raj pun  akhirnya dengan berat hati mundur. 

Sedih, sakit, ya semua dirasa, tapi dengan kedewasaan, Lata memahami keputusan Raj. Lata juga menerima kenyataan perbedaan kasta di antara mereka, dan berusaha memahami mengapa ayah Raj melarangn hubungan mereka. 

Tapi sepakat, mereka juga berjanji takkan menikah. Raj mengatakan, ia hanya akan menikah dengan Lata atau tidak sama sekali. Dan ia menjalani janjinya sendiri. Seumur hidupnyna Raj tidak menikah, hingga ia meninggal pada  12 September 2009 di usia 73 tahun, karena Alzheimer. Lata pun tidak menikah, hingga mengembuskan nafas terakhirnya di usia 92 tahun. 


Penulis Vallesca Souisa
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore