Tradisi Lebaran Adnan Khan dan Keluarga di India

Vallesca Souisa Selasa, 3 Mei 2022 19:00:23
Adnan Khan terkesan dengan Ramadhan di Jakarta. (Seno/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Adnan Khan sosok yang kita kenal lewat serial Isqh Subhanallah (ANTV) tiga tahun lalu, adalah sosok yang sangat ramah, rendah hati, dan sangat ceria. Berbincang dengannya, Anda bisa merasakan bagaimana ia sangat antuias. Apalagi kalau ngomongin soal Indonesia. Sudah tiga kali ke Indonesia, rupanya Adnan Khan telah benar-benar jatuh cinta pada negeri ini.

Saat Ramadhan kemarin Adnan menghabiskan waktu kurang lebih dua minggu di sini. Ia terkesima dengan suasana Ramadhan di Jakarta. “Kau bisa merasakannya, dimana-mana terlihat suasananya, bahwa ini bulan ramdhan,” ungkap Adnan. Bedanya dengan di India, suasanan Ramadhan itu sendiri tidak terlihat ramai seperti di Jakarta.

Saat tiba hari raya Idul Fitri, baru di India umumnya seperti festival-festival yang sering digelar di negara yang mayoritas Hindu tersebut, saat lebaran pun orang-orang akan ramai merayakannya, seperti festival. Akan ada dekorasi di sana sini. Dan seperti biasa, tradisi berkumpul dengan keluarga dan makan-makan menjadi bagian dari hari raya Idul Fitri yang selalu dirindukan.

“Pada Hari Lebaran ada banyak makanan khas India yang disiapkan keluarga. Setelah salat id, kami berkumpul dan makan-makan. Ada nasi ayam briyani, ada vermicelli, mie lebarankami menyebutnya. Semua anak kecil kompak menyalami kerabat yang lebih tua dan tentu saja menantikan amplop berisikan uang. Saya pun sewaktu kanak-kanak sangat menantikan momen pembagian amplop,” kenangnya disertai tawa.

Ia menyayangkan dirinya bukan anak-anak lagi. “Kalau bisa memutar waktu, saya ingin kembali ke masa-masa saya diberi amplop ha ha ha. Sekarang, saya yang harus menyiapkan uang, memasukkannya ke dalam amplop untuk dibagikan kepada keponakan-keponakan saya,”


Penulis Vallesca Souisa
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore