BTS Jadi Artis K-pop Pertama yang Puncaki Tangga Lagu Album Billboard 200

Andira Putri | 28 Mei 2018 | 12:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BTS mencetak rekor baru di kancah musik internasional. BTS menjadi musisi K-pop pertama yang memuncaki tangga lagu album Billboard 200 seperti diumumkan pada Minggu (27/5).

Pencapaian BTS dipersembahkan oleh album Love Yourself: Tear. Album ini dirilis di berbagai negara dunia termasuk Amerika Serikat pada Jumat (18/5).

Billboard mencatat jika Love Yourself: Tear terjual sebanyak 135.000 unit di Amerika Serikat dalam seminggu. Angka ini merupakan gabungan penjualan album fisik, streaming, dan download setiap lagu secara digital.

BTS mengumpulkan penjualan album fisik sebesar 100.000 unit. Ini disusul oleh 9.000 unit untuk download serta 26.000 unit untuk streaming. Pencapaian terakhir bisa diartikan dengan 39,1 juta orang mendengar album Love Yourself: Tear lewat layanan streaming.

Tidak hanya itu, Love Yourself: Tear juga menjadi album berbahasa asing yang debut di posisi pertama setelah 12 tahun. Prestasi serupa pernah diraih oleh Il Divo lewat album Ancora pada 2006. Album ini mengusung lagu-lagu dengan campuran bahasa Spanyol, Italia, Perancis, dan Inggris.

Kesuksesan BTS turut terjadi di Korea Selatan. Situs The Korea Herald melaporkan jika BTS telah menjual 1.003.524 kopi album fisik dalam waktu seminggu.

BTS masih memiliki peluang besar untuk menorehkan rekor baru. Pencapaian album Love Yourself: Tear membuat mereka menjadi salah satu kandidat kuat pemenang deretan ajang penghargaan musik Korea Selatan.

(dira/bin)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait