Blackpink Pecahkan Rekor Girl Band Korea Berposisi Tertinggi di Billboard

Rizki Adis Abeba | 9 Juli 2018 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah BTS sukses menaklukkan tangga lagu Billboard, single “DDu-Du Ddu-Du” milik Blackpink menempati peringkat ke-55 di tangga lagu Billboard Hot 100.

Ini membuat Blackpink memecahkan rekor girl band Korea yang menempati posisi tertinggi di Billboard sepanjang sejarah. Rekor sebelumnya dipegang Wonder Girls dengan lagu “Nobody” yang bertengger di peringkat ke-76 pada 2009.

Single “Ddu-Du Ddu-Du” merupakan satu dari empat lagu di album mini Square Up yang dirilis pada 15 Juni lalu. Square Up adalah bagian ketiga dari serial Square. Sebelumnya, Blackpink merilis album Square One dan Square Two dua tahun silam. 

Album Square Up menempati peringkat ke-40 di tangga album Billboard. Rekor sebelumnya ditempati album Crush milik 2NE1 di posisi ke-61 pada 2014. Di negara asalnya, Blackpink menyapu bersih tangga lagu utama seperti Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada hanya dalam tiga hari. Video klip “Ddu-Du Ddu-Du” ditonton 90 juta kali di Youtube dalam delapan hari, memecahkan rekor tercepat bagi girl band Korea sepanjang sejarah. Pencapaian ini menempatkan Blackpink sebagai girl band pendatang baru paling diperhitungkan saat ini.

Blackpink debut pada 2016, tahun ketika 2NE1 bubar. Tidak heran jika Blackpink digadang-gadang sebagai pengganti 2NE1. Blackpink bahkan disebut sebagai versi lebih baik dari 2NE1. Bubarnya 2NE1 dan kondisi Big Bang yang sedang vakum karena mayoritas personel menjalani wamil membuat Blackpink menjadi grup andalan YG Entertainment saat ini. 

Para personel Blackpink: Jisoo (23), Jennie (22), Rose (21), dan Lisa (21) ditengarai sebagai anak emas, bos YG Entertainment, Yang Hyung Suk. “Saya rasa Sajangnim (bos -red.) sangat bangga pada kami. Dia mengunggah (rasa bangganya) di media sosial segera setelah kami muncul di berita. Saya bisa merasakan dia selalu mengawasi dan memperhatikan kami,” Jisoo mengelak.

Yang Hyung Suk mengatakan melesatnya karier Blackpink tidak mungkin dicapai tanpa kerja keras dan strategi yang tepat. Ia menggunakan analogi pertandingan sepak bola.

“Jika ingin mengalahkan lawan, penting untuk mempunyai pemain berbakat, tapi menerapkan strategi jitu untuk mengalahkan lawan juga penting. Jika saya diminta memberikan opini mengenai Blackpink, mereka mendapatkan cinta yang begitu besar karena punya kemampuan dan bakat yang benar-benar beda serta strategi yang belum pernah dilihat sebelumnya di negara ini,” ulas Yang Hyung Suk.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait