(G)I-dle, Pendatang Baru yang Disebut Mirip Blackpink

Rizki Adis Abeba | 23 September 2018 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meski baru debut pada Mei tahun ini, grup idola wanita bentukan Cube Entertainment, (G)I-dle, mampu menempati posisi teratas daftar grup penyanyi wanita bereputasi tertinggi yang dirilis Institut Penelitian Bisnis Korea pada 7 September.

Grup beranggotakan enam personel: Soyeon (20), Miyeon (21), Minnie (21), Soojin (19), Yuqi (19), dan Shuhua (18) itu bahkan mampu mengalahkan grup-grup senior seperti Red Velvet dan Twice yang menempati peringkat kedua dan ketiga.

(G)I-dle dalam bahasa Korea disebut Yeoja Aidel yang berarti anak perempuan. Nama (G)I-dle awalnya sempat dirasa sangat aneh dan sulit diucapkan. Namun agensi Cube Entertainment beranggapan keanehan ini yang akan membuat nama grup mereka mudah diingat.

Di awal kemunculannya banyak yang menyebut (G)I-dle mirip dengan Blackpink, salah satu alasannya karena nuansa warna merah muda dan hitam yang muncul di klip musik “Latata”.

Di samping itu grup ini mempunyai personel dari luar Korea: Shuhua dari Taiwan, Yuqi dari Tiongkok, dan Minnie dari Thailand--mengingatkan akan Lisa Blackpink yang juga dari Thailand.

Fakta menarik lainnya, Miyeon merupakan mantan trainee YG Entertainment bahkan disebut-sebut sempat menjadi kandidat kuat personel Blackpink sebelum akhirnya pindah ke Cube.

Pesona (G)I-dle diperkuat keberadaan sang leader, Soyeon. Tidak hanya karismatik, Soyeon punya kemampuan musik yang tinggi dan pengalaman yang mumpuni.

Nama Soyeon sudah populer sejak ia mengikuti ajang pencarian bakat Produce 101 musim pertama dan Unpretty Rapstar 3. Soyeon juga menjadi otak di balik hampir semua lagu di album mini perdana (G)I-dle, I Am, termasuk single andalan, “Latata”.

Diakui Soyeon, ia berusaha menciptakan lagu berdasarkan interpretasinya terhadap sifat dan kelebihan rekan-rekannya di (G)I-dle. Ini sebabnya lagu yang dibawakan (G)I-dle terdengar sangat personal.

“Saya tidak terlalu terinspirasi dari musik (K-pop) lain, saya hanya membayangkan tentang para personel dan menggali inspirasi dari sana. Lagu ‘Latata’ sendiri merupakan lagu yang saya ciptakan setelah membayangkan personel ((G)I-dle), lalu berdasarkan lagu saya yang lainnya saya berusaha mencari tahu apa yang terbaik dari masing-masing personel dan karisma spesifik mereka,” urai Soyeon panjang lebar.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait