Kolaborasi Penyanyi K-Pop-AS Paling Heboh Tahun Ini (2 - selesai)

Rizki Adis Abeba | 9 November 2018 | 20:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Beberapa musisi K-Pop tidak hanya semakin mudah menempatkan lagu-lagu mereka di tangga lagu kelas dunia, namun juga semakin dilirik oleh musisi AS. 

Selain kolaborasi-kolaborasi yang menghebohkan berikut ini, kemungkinan kolaborasi heboh lain antara K-Pop dengan AS masih terbuka luas.

CL-Black Eyed Peas

Setelah 2NE1 dibubarkan pada 2016, CL menjadi personel yang sukses berkarier di AS. Tahun ini ia membuktikan eksistensinya lewat kolaborasi dengan grup Black Eyed Peas yang merilis lagu “Dopeness” pada 26 Oktober lalu. CL tidak hanya mengambil alih bagian vokal wanita dari grup Black Eyed Peas yang dahulu ditempati penyanyi Fergie, namun ia juga turut serta dalam proses penggarapan lagunya bersama Will.i.am, Apl.de.ap, dan Taboo.

“Saya senang melihat K-Pop benar-benar muncul ke permukaan dan melihat bagaimana ini menjadi sesuatu yang digilai secara internasional. Menakjubkan bagaimana orang-orang yang bukan berasal dari Korea mau ambil bagian dalam pengalaman ini,” ungkap Will.i.am. 

Pada 2013, CL pernah berkolaborasi dengan Will.i.am dalam menggarap lagu solonya, “Gettin Dumb”. Hubungan CL dengan Black Eyed Peas semakin erat ketika mereka tampil bersama di panggung MNET Asian Music Awards 2013 dan Summer Sonic Festival 2017. Lagu “Dopeness” sendiri merupakan bagian dari album Master of The Sun, album terbaru Black Eyed Peas setelah delapan tahun.

Blackpink-Dua Lipa

Blackpink menjadi satu-satunya grup penyanyi wanita K-Pop yang berhasil dua kali menembus tangga lagu Billboard Hot 100. Setelah lagu “Ddu-Du-Ddu-Du” mencapai peringkat ke-55 pada Juni lalu, Blackpink kembali menaklukkan Billboard lewat lagu “Kiss and Make Up” yang merupakan hasil kolaborasi dengan Dua Lipa.

Menurut Dua Lipa, lagu “Kiss and Make Up” yang dirilis 19 Oktober sebenarnya sudah digarap sejak setahun silam, namun ia tak kunjung menemukan artis yang tepat untuk digandeng berkolaborasi di lagu ini. Sampai ia akhirnya mengenal Blackpink dalam kunjungannya ke Seoul awal tahun ini.

“Baru-baru ini saya bertemu (Blackpink) di Seoul dan saya berpikir, 'Apakah gila jika saya mengirimkan mereka lagu ini, akankah mereka menyukainya?' Itulah yang saya lakukan dan mereka merespons dengan sangat cepat. Mereka bilang, 'Ya, ayo kita buat!' Saya sangat terkejut dengan hal itu,” kenang Dua Lipa.

selesai

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait