Kuasai Chart di 60 Negara, Lagu Baru EXO Dituding Jiplak Lagu Louis Tomlinson

Hari Murtono | 16 Desember 2018 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seperti dugaan banyak orang, lagu baru EXO “Love Shot” dengan mudah menembus puncak tangga lagu iTunes mancanegara. “Love Shot” menjadi pemuncak di 60 Negara, termasuk Amerika Serikat, Filipina, dan Indonesia.

Hanya saja comeback gemilang tersebut dinodai dengan kabar tak sedap. Netizen menyebut ada kemiripan lagu “Love Shot” milik EXO dengan lagu “Back to You” milik personel One Direction, Louis Tomlinson.

Tudingan plagiarisme tertuju pada bagian yang dinyanyikan D.O. EXO di menit 2:20 yang dianggap sama dengan melodi di lagu "Back to You" menit 1:29. Netizen pun menuntut SM Entertainment memberi tanggapan seraya menulis tagar #Loveshot_Plagiarism.

Sejauh ini pembelaan datang dari para EXO-L. Mereka menganggap netizen terlalu berlebihan. “Kalau kalian hanya mendengar teaser yang cuma beberapa detik saja, kamu tidak akan melihat kalau lagu tersebut perbedaan,” jelas seorang penggemar.

Pembelaan lain datang dari durasi kemiripan antara dua lagu.”Sebuah lagu dikatakan melakukannya plagiarisme kalau memiliki kesamaan dalam 7 detik. Notasi lagu 'Love Shot' jelas berbeda dengan lagu 'Back to You',” jelas EXO-L yang mengaku belajar musik di universitas.

(hari/bin)

Penulis : Hari Murtono
Editor: Hari Murtono
Berita Terkait