Ketika Akhirnya Seungri Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Prostitusi

Agestia Jatilarasati | 23 Maret 2019 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Skandal kekerasan, penyalahgunaan narkotika, dan pelecehan seksual yang terjadi di kelab Burning Sun pada 24 November 2018 baru awal masalah Seungri. Ia yang saat itu menjabat direktur eksekutif (kini Seungri telah mengundurkan diri dari Burning Sun—red.) mau tak mau disangkutpautkan.

Hampir sebulan berselang, maknae BigBang ini diisukan menyediakan layanan prostitusi untuk para investor bisnisnya. 

Pada 26 Februari 2019, kanal TV kabel SBS, FunE, merilis bukti percakapan ruang obrolan KakaoTalk antara Seungri, Yoo dari Yuri Holdings (perusahaan di bidang kuliner dan hiburan yang juga memiliki saham di Burning Sun—red.), penyanyi C, dan seorang pegawai bernama Kim.

Dalam obrolan yang dilakukan pada 2015 itu, terselip pesan Seungri memerintahkan anak buahnya untuk menyediakan layanan seksual kepada para calon investor asing Yuri Holdings.

Tahun itu, Seungri aktif dalam proses mengumpulkan investor baik dari dalam maupun negeri untuk Yuri Holdings, perusahaan yang ia bangun bersama temannya, Yoo yang merupakan suami aktris Park Han Byul.

Meski agensi Seungri, YG Entertainment, dan Yuri Holdings membantah isu ini, pemeriksaan kepolisian terus berjalan. Seungri pun kooperatif selama penyelidikan yang dimulai sejak 27 Februari. Hari itu, ia menjalani penyelidikan selama 8,5 jam. Seungri juga menempuh tes narkotika dua kali dan hasil yang keluar adalah negatif. 

Minggu (10/3), polisi memastikan bahwa bukti percakapan tentang penyediaan layanan prostitusi yang melibatkan Seungri adalah asli, bukan rekayasa.

Saat bersamaan, polisi mengungkap fakta baru bahwa ada dua seleb lain dalam grup obrolan itu. Salah satunya penyanyi solo Jung Joon Young—yang kemudian akibat skandal ini dipecat agensinya. Sementara seleb lainnya, saat tulisan ini turun, belum diketahui identitasnya. 

Selain berisi percakapan penyediaan layanan prostitusi, terungkap pula mereka berbagi foto dan video vulgar yang direkam sembunyi-sembunyi, melibatkan 10 wanita. Jung Joon Young diduga salah seorang penyebar video ilegal itu di ruang obrolan. Akhirnya, ia dan Seungri ditetapkan sebagai tersangka serta dicekal untuk bepergian ke luar negeri. 

(ages / gur)
 

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait