Artis Tersangkut Skandal, YG Entertainment Tersingkir Dari Big 3 Agensi Korea

Rizki Adis Abeba | 28 Maret 2019 | 14:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Skandal besar yang dialam Seungri saat ini memberi imbas besar bagi perusahaan YG Entertanment. Selain harga saham yang anjlok, YG Entertainment kini tidak lagi masuk dalam daftar Big 3 atau tiga perusahaan agensi artis terbesar di Korea. Sebelumnya, Big 3 berisikan SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment. Kini media Korea menyebut era baru yang berisikan empat perusahaan agensi artis terbesar sebagai Big 4.

“YG Entertainment, yang memperoleh penghasilan terbesar pada 2015-2017 melalui tur dunia Big Bang, tur Jepang, jumpa penggemar, dll. Mulai mengalami penurunan tahun lalu akibat personel Big Bang yang menjalani wajib militer secara berturut-turut. Sementara skandal terkini yang melibatkan Seungri menyebabkan fluktuasi harga saham YG Entertainment, label ini tidak diragukan lagi sedang berada di situasi panas bahkan sebelum skandal,” analisa reporter media Korea seperti yang dilansir di laman Allkpop.

Saat ini, ada dua agensi besar yang mampu menggantikan posisi YG Entertainment di posisi Big 3 sehingga julukannya berubah menjadi Big 4, Big Hit Entertainment dan CJ ENM. Kesuksesan BTS yang menjadi grup K-Pop paling disegani di kancah musik internasional tak diragukan lagi meningkatkan harga saham Big Hit Entertainment. Analis keuangan Korea bahkan meramalkan dalam beberapa tahun ke depan Big Hit Entertainment mampu melampaui SM, JYP, dan YG Entertainment dan menjadi agensi berpenghasilan terbesar dalam sejarah industri hiburan Korea.

Sementara itu meski CJ ENM tidak mengelola artis daritangan pertama, agensi ini memperluas pengaruhnya secara cepat melalui metode investasi di berbagai label seperti Jellyfish Entertainment, Stone Music Entertainment, Swing Entertainment, Amoeba Culture, AOMG, Hi-Lite Records, HIGHR MUSIC, dll. Sehingga CJN ENM mulai muncul dan mengambil alih julukan ‘senjata besar’ di industri musik.

“Baru-baru ini, perusahaan (CJ ENM) juga bekerja sama dengan Big Hit untuk menciptakan co-label, Belift Lab, dan mengumumkan niat mereka untuk membentuk boy group dan mengikuti jejak langkah BTS,” ulas sang reporter. Selain itu, CJ ENM juga cukup berpengaruh di industri penyiaran sebab mereka juga memiliki saham di stasiun televisi Mnet dan berperan dalam produksi serial acara Produce 101.

(riz / ray)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait