Perbedaan Musik K-Pop Sekarang dan 10 Tahun Lalu Menurut Sandara Park

Rizki Adis Abeba | 5 April 2019 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai bagian dari 2NE1, salah satu grup idola K-pop paling disegani sepuluh tahun silam, Sandara Park melihat banyak perbedaan di dunia musik K-Pop dalam satu dekade belakangan.

“Saya debut pada tahun 2009. Pada saat itu, beberapa artis senior mulai menyebarkan K-Pop di luar negeri, dimulai dari Jepang. Saya lebih banyak aktif di Korea, namun saya menyadari kalau popularitas K-Pop meningkat di luar Korea, ditandai dengan peningkatan kegiatan (artis K-Pop) di luar Korea,” kenang Sandara Park. “Pada saat itu, pasar K-Pop di luar negeri belum sebesar sekarang,” lanjut Sandara Park.

Meski sepuluh tahun lalu demam K-Pop di luar Korea belum segencar sekarang, Sandara Park sudah bisa melihat bahwa cepat atau lambat demam K-Pop pasti akan menyebar lebih luas.



Sandara Park juga merasakan terdapat perbedaan dalam teknik penciptaan lagu-lagu K-Pop zaman sekarang. Para musisi dan pencipta lagu seolah sudah lebih memahami selera pendengar musik K-Pop dari luar Korea sehingga mereka berusaha menciptakan lagu untuk mengakomodir selera pendengar global.

“Pada waktu itu, lagu-lagu (K-Pop) diciptakan hanya untuk pasar orang Korea, namun sekarang (para artis) sepertinya memproduksi lagu-lagu yang mudah (didengar) bagi penggemar luar negeri untuk memahami dan menyanyikannya bersama,” kata Sandara Park.

Perbedaan lainnya, grup-grup idola saat ini punya kesempatan lebih besar untuk melakukan kegiatan promosi di luar Korea. “Grup idola saat ini mempunyai lebih banyak tur dunia dan lebih sering melakukan kegiatan di luar negeri bahkan mereka sering bercanda dengan mengatakan mereka merasa seperti melakukan penampilan ‘Nehan’,” ungkap Sandara Park. Penampilan “Nehan” sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut konser artis-artis asing yang digelar di Korea. Karena lebih sering mengadakan konser di luar negeri, para penyanyi muda merasa seperti artis asing ketika tampil di kampung halamannya, Korea.

“Saya bangga bisa menjadi bagian dari pertumbuhan pasar K-pop yang santat cepat dan saya terus berterima kasih dan lebih bangga ketika memikirkannya,” kata Sandara Park. Melihat fenomena K-pop yang semakin mendunia saat ini, Sandara Park tak memungkiri dirinya masih menyimpan harapan agar 2NE1 bisa berkumpul dan melakukan penampilan reuni.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait