Aktris Park Han Byul Minta Polisi Tak Menahan Suaminya, Yoo In Suk

Rizki Adis Abeba | 15 Mei 2019 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada Rabu (15/5) media Korea memberitakan aktris Park Han Byul yang merupakan istri dari Yoo In Suk, mantan CEO Yuri Holdings yang menjadi tersangka dalam kasus skandal Burning Sun bersama Seungri, telah mengajukan surat permohonan banding resmi kepada polisi pada Selasa (14/5) kemarin. Surat pengajuan banding ini dilakukan agar sang suami tidak ditahan polisi terkait kasus dugaan penggelapan uang, penghindaran pajak, dan penyedia layanan prostitusi yang dialamatkan kepada Yoo In Suk dan Seungri.

Surat pengajuan banding ini diajukan Park Han Byul tepat di hari yang sama dengan persidangan pengesahan surat pengajuan perintah penangkapan praperadilan terhadap Seungri dan Yoo In Suk di Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

Dalam surat pengajuan banding yang diketik di dalam empat halaman kertas berukuran A4 itu, Park Han Byul menuliskan bahwa sang suami sama sekali tidak mempunyai maksud untuk melarikan diri.

“Suami saya sama sekali tidak bermaksud melarikan diri atau menghindari konsekuensi dari situasi ini. Dia mempunyai niat untuk melanjutkan proses investigasi dengan giat tanpa ditahan, saya berjanji sebagai istrinya,” tulis Park Han Byul.

Park Han Byul juga mengajukan fakta bahwa Yoo In Suk tidak pernah mangkir dari panggilan polisi selama sepuluh kali pemeriksaan yang telah dilakukan. Selain itu status Yoo In Suk sebagai ayah dari anaknya yang masih kecil juga membuatnya patut dipertimbangkan agar tidak ditahan.

Keinginan Park Han Byul agar sang suami tidak ditahan polisi akhirnya terkabul lewat keputusan Pengadilan Distrik Pusat Seoul yang menolak pengajuan surat perintah penahanan praperadilan terhadap Yoo In Suk dan Seungri. “Masih ada elemen yang bisa diperdebatkan dalam tuduhan utama soal penggelapan uang. Dalam tuntutan yang lainnya, saat ini sulit untuk menerima alasan yang diajukan untuk melakukan penangkapan,” kata hakim pengadilan mengenai alasan penolakan penahanan Yoo In Suk dan Seungri. 

Meski tidak ditahan, proses hukum terhadap Seungri dan Yoo In Suk masih terus berjalan. Baik polisi maupun kejaksaan belum mengumumkan kapan rencana pemeriksaan ataupun persidangan selanjutnya akan dilakukan.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait