10 Penyanyi Idola K-Pop Ini Latihan Kurang dari 6 Bulan Sebelum Debut (Bagian 1)

Rizki Adis Abeba | 19 Juni 2019 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Para penyanyi idola Korea umumnya harus menjalani masa pelatihan atau menjadi trainee selama bertahun-tahun sampai akhirnya dinyatakan layak debut oleh agensi. Selama masa pelatihan, para trainee dituntut untuk mengembangkan potensinya dalam bernyanyi, menari, bermusik, hingga mengatur konsep penampilannya sebelum akhirnya debut menjadi artis.

Kebanyakan penyanyi idola Korea menjalani masa pelatihan lebih setahun, bahkan ada yang melebihi 10 tahun pelatihan. Sebut saja G-Dragon yang menjalani masa trainee selama 11 tahun karena ia masih berusia delapan tahun saat diterima audisi di YG Entertainment. Selain itu ada Jihyo TWICE yang menjadi trainee selama sepuluh tahun, YoonA SNSD selama tujuh tahun, Johny NCT selama sembilan tahun, dan masih banyak idola lainnya.

Sebaliknya, ada pula penyanyi idola yang lebih beruntung karena hanya melewati masa pelatihan yang sangat singkat bahkan tidak sampai enam bulan. Kendati masa pelatihannya singkat, para penyanyi idola ini bisa dikatakan sukses dalam menjejakkan karier di industri musik Korea dengan persaingannya yang sangat ketat. Siapa saja penyanyi idola top Korea yang melewati masa pelatihan kurang dari enam bulan?

Lai Kuan Lin Wanna One: 6 Bulan

Lai Kuan Lin baru dua bulan dikontrak sebagai trainee di agensi Cube Entertainment sebelum ia mengikuti ajang pencarian bakat Produce 101 dan berhasil masuk ke sebelas besar. Ketika debut bersama grup Wanna One di tahun 2017, Lai Kuan Lin baru berusia 17 tahun dan menjadi personel termuda. Yang mengagumkan, Lai Kuan Lin sendiri bukanlah remaja asli Korea. Ia lahir dan dibesarkan di Taiwan, namun kegigihannya untuk meniti karier di Korea kini membuahkan hasil. Setelah Wanna One bubar, nama Lai Kuan Lin masih terus bersinar sebagai aktor yang membintangi serial drama Tiongkok juga membentuk grup duo bersama personel Pentagon, Wooseok.

Suzy Miss A: 6 Bulan

Setelah tereliminasi dari ajang kontes menyanyi Superstar K, agen kasting dari JYP Entertainment segera menarik Suzy untuk bergabung ke agensi yang dipimpin oleh Park Jin Young itu. Suzy yang sudah menunjukkan kualitas bintang di kontes menyanyi hanya butuh waktu latihan selama enam bulan sampai akhirnya ia debut bersama grup Miss A pada 2010 silam. Kini meskipun grup Miss A telah bubar, Suzy masih terus eksis sebagai penyanyi solo dan juga sebagai penyanyi yang sukses beralih karier ke dunia akting.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait