Kasus Seungri Dilimpahkan ke Kejaksaan Dengan Tujuh Dakwaan

Rizki Adis Abeba | 25 Juni 2019 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada Selasa (25/06), Divisi Detektif Spesial Kantor Kepolisian Metropolitan Seoul mengatakan telah melimpahkan kasus Seungri ke kejaksaan.

Seungri didakwa atas tujuh perbuatan pelanggaran hukum, termasuk dugaan praktik penyedia layanan prostitusi untuk orang lain dan penggunaan jasa prostitusi untuk pribadi. Namun Seungri dibebaskan dari tuduhan penyedia layanan prostitusi untuk perayaan ulang tahunnya di Palawan, Filipina, pada Desember 2017.

Kendati diketahui terjadi hubungan seksual oleh sebagian tamu yang hadir di sana, namun hal itu tidak bisa dikategorikan dalam perbuatan penyedia layanan prostitusi karena Seungri tidak terbukti membayarkan jasa prostitusi.

Tindakan kriminal lain yang dialamatkan kepada Seungri adalah dugaan penggelapan uang milik perusahaan Burning Sun yang dilakukan Seungri bersama rekan bisnisnya, Yoo In Suk. Seungri juga dituduh telah berusaha menghancurkan barang bukti dalam kasus tersebut.

Kasus besar lain yang menyeret Seungri ke pengadilan tak lain tindakan pelanggaran Undang-Undang Kejahatan Seksual, yakni penyebaran dan pembuatan konten foto dan video mesum secara ilegal. Sebelumnya, kasus ini telah menjebloskan dua penyanyi idola, Jung Joon Young dan Choi Jung Hoon, ke tahanan kepolisian. Selain itu kasus ini juga menyeret nama penyanyi Eddy Kim dan Roy Kim menjadi tersangka, meski keduanya tidak mendekam di penjara.

Sementara itu, tanggal 25 Juni juga merupakan batas terakhir waktu penundaan wajib militer Seungri. Seorang pejabat dari kantor Administrasi Tenaga Kerja Militer Regional Seoul mengatakan, “Seungri belum mengajukan penundaan tambahan untuk pendaftaran wajib militernya.”

Jika ia tidak kunjung melakukan pengajuan perpanjangan penangguhan wamil, maka pihak Administrasi Tenaga Kerja Militer akan otomatis menjadwalkan pendaftaran wajib militernya. Lantas bagaimana dengan kasus hukumnya? Jika Seungri menjalani wajib militer dengan kasus hukum yang belum terselesaikan, kemungkinan besar kasusnya akan dilimpahkan ke polisi militer Korea.

Seungri sendiri belum menyatakan sikap terhadap status wajib militernya maupun pernyataan untuk menanggapi kasus hukumnya yang dilimpahkan ke kejaksaan.

( riz / ray )

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait