Mantan Kontestan Produce X 101 Juga Akan Dipanggil Jadi Saksi Kasus Manipulasi

Rizki Adis Abeba | 12 November 2019 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain menandai sepuluh orang tersangka baru dalam kasus manipulasi suara di ajang Produce X 101, polisi juga berencana untuk memanggil para kontestan ajang Produce X 101 sebagai saksi dalam penyelidikan kasus itu.

Dalam jumpa pers yang digelar oleh Kantor Kepolisian Metropolitan Seoul pada Selasa (12/11), polisi meyakini bahwa ada beberapa kontestan yang mendapatkan keuntungan dari manipulasi suara, sebaliknya pasti ada kontestan yang dirugikan akibat kecurangan tersebut.

Mereka yang akan dipanggil untuk menjalani pemeriksaan termasuk kontestan dari agensi yang sebelumnya telah diperiksa polisi, juga trainee yang kemungkinan besar mempunyai kesempatan untuk masuk ke final namun ternyata dinyatakan gagal masuk ke final. 

Media Newsis memprediksikan bahwa polisi akan menanyakan kepada para kontestan apakah mereka pernah mendengar informasi terkait kecurangan ini selama proses syuting atau dari agensi mereka mengenai manipulasi suara. 

“Polisi juga akan melihat semua kecurigaan, termasuk kemungkinan bahwa kontestan populer dengan sengaja dikeluarkan dari daftar finalis akhir karena kekhawatiran bahwa hasilnya akan mempersulit kegiatan mendatang mereka yang berorientasi pada agensi,” ungkap media Newsis.

Selain itu, polisi juga sedang menyelidiki kemungkinan adanya lobi dan pertukaran bantuan oleh agensi-agensi besar dalam proses memilih 11 anggota terakhir dari 101 kontestan. 

Sebelumnya, Newsis juga melaporkan bahwa produser Ahn Joon Young mulai menerima uang suap dari agensi peserta Produce mulai Januari 2018. Menurut laporan itu, Ahn Joon Young selalu dikawal ketat oleh petugas keamanan setiap kali melakukan pertemuan dengan agensi. Ahn Joon Young dilaporkan mulai menerima suap sejak sebelum ajang Produce 48 dimulai.

Polisi menyatakan bahwa lebih dari 100 juta won atau 120 juta rupiah dihabiskan untuk perjamuan minum dan hiburan untuk Ahn Joon Young. Pada 6 November lalu, Ahn Joon Young mengaku telah memanipulasi hasil perolehan suara Produce X 101 yang digelar pada 2019 dan Produce 48 pada 2018 lalu. 

(riz)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait