Alasan Changmin TVXQ Debut Solo Setelah 17 Tahun Menjadi Penyanyi Idola

Rizki Adis Abeba | 6 April 2020 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah aktif berkarier sebagai penyanyi idola di bawah grup TVXQ selama 17 tahun, Changmin akhirnya debut sebagai penyanyi solo. Changmin akan merilis album mini solo pertamanya yang berjudul Chocolate pada Senin (06/04) pukul 6 sore waktu Korsel. Apa yang membuat Changmin akhirnya memutuskan debut solo tahun ini?

“Yang paling penting, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada penggemar yang telah menunggu album solo pertama saya. Sejujurnya, siapa pun yang suka menyanyi dan bermimpi menjadi penyanyi akan mempunyai keinginan merilis album solo yang diisi dengan dan mencerminkan warna unik Anda sendiri, dan hal yang sama berlaku untuk saya juga. Saya sangat senang bisa merilis hasil kerja saya,” ungkap Changmin.

Mengapa baru memutuskan debut setelah 17 tahun berkarya sebagai penyanyi grup TVXQ, Changmin menjelaskan membutuhkan kesiapan mental dan kematangan dalam berpikir sebelum akhirnya memutuskan menggarap album solo. 

“Dahulu, saya pikir saya akan dibuat stres dengan pemikiran, ‘Apa yang bisa saya lakukan untuk membuatnya bagus?’ dan ‘Apa yang harus saya lakukan agar terlihat keren?’ Tapi sekarang, saya merasa lebih tenang, meskipun merasakan sedikit tekanan tak bisa dihindarkan, saya merasa sekarang lebih bisa menikmati proses mengerjakan album,” urai Changmin.

Changmin juga merasa tahun ini merupakan saat yang tepat untuk melahirkan karyanya sebagai penyanyi solo tanpa ada tekanan dari banyak pihak.

“Saya merasa seperti 17 tahun inilah yang telah memungkinkan saya untuk menjauh dari tekanan. 'Saya harus membuat jenis musik ini' atau 'Saya perlu menunjukkan kinerja semacam ini' dan mencari tahu siapa jati diri saya. Saya sudah menunggu untuk mencapai titik di mana saya dapat dengan nyaman menunjukkan apa yang saya rasakan dan ingin saya lakukan di atas panggung, dan entah bagaimana akhirnya saya menghabiskan waktu 17 tahun, yang bukan waktu yang singkat. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar yang telah menunggu selama ini,” tandas Changmin. 

(riz)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait