Youn Yuh Jung Aktris Korea Pertama Pemenang Oscar, Dulunya Main Drakor Be Strong Geum Soon

Vallesca Souisa | 27 April 2021 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktris senior Korea Selatan, Youn Yuh Jung memenangkan penghargaan Aktris Pendukung Terbaik dalam ajang penghargaan bergengsi Academy Awards (Oscar) ke-93 untuk perannya di film Minari

Ini membuat Youn Yuh Jung menjadi aktris Korea pertama yang berhasil memboyong penghargaan Aktris Pendukung Terbaik Oscar 2021 yang berlangsung di Los Angeles pada Senin (26/4). Di Minari, Youn Yuh Jung berperan sebagai Soon Ja, nenek dari David Young yang datang dari Korea untuk tinggal bersama keluarga di pertanian mereka di Arkansas, Amerika. Aktris veteran tersebut berhasil mengalahkan aktris lainnya, seperti Glenn Close (Hillbilly Elegy), Olivia Colman (The Father) dan Amanda Seyfried (Mank). Pada pidato kemenangannya, Youn Yuh Jung berterima kasih kepada orang-orang yang telah memilihnya. Youn Yuh Jung juga tampil relatif terkendali di Oscar, setelah memulai pidatonya dengan "memaafkan" semua orang karena salah mengucapkan namanya. 

Dia sangat berterima kasih kepada Oscar dan memuji keluarga Minari, terutama sutradara film Lee Isaac Chung. Youn Yuh Jung juga menjelaskan bahwa dia biasanya hanya menonton Oscar di televisi. Sehingga, ia tidak percaya bisa datang ke acara tersebut secara langsung. “Saya berada di sini sendiri, saya tidak percaya. Biarkan saya menenangkan diri,” katanya. 

Buat penggemar drama korea, Youn Yuh Jung ini pernah bermain di drama korea harian berjudul Be Strong Geum Soon tahun 2005. Disinyalir, drakor ini diadaptasi di indonesia dalam sinetron berjudul “Intan”. 

Minari sendiri dinominasikan untuk enam penghargaan di Oscar 2021, yaitu untuk kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik (Steven Yeun), Aktris Pendukung Terbaik (Youn Yuh Jung), Sutradara Terbaik (Lee Isaac Chung), Skenario Asli Terbaik (Lee Isaac Chung), dan Best Original Score (Emile Mosseri).  Minari disutradarai oleh Lee Issac Chung dan ceritanya diadaptasi dari pengalaman pribadinya saat hidup dan pindah ke Amerika. 

Berkisah tentang sebuah keluarga imigran Korea Selatan yang mencoba memulai hidup baru di pedesaan Amerika selama tahun 1980-an. Film ini dibintangi oleh Steven Yeun, Han Ye Ri, Alan Kim, Noel Kate Cho, Youn Yuh Jung, dan Will Patton. Youn Yuh Jung berperan sebagai Soon Ja yang ikut pindah ke Arkansas, Amerika Serikat untuk membantu keluarga putrinya berumah tangga. 
 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait