Diskusi Makin Memanas, Mayoritas Warga Korsel Minta BTS Wamil

Asteria Dalila | 7 September 2022 | 17:00 WIB

Hingga kini permasalahan wajib militer BTS masih menjadi polemik. Pemerintah Korea Selatan masih belum bisa memutuskan apakah RM Cs harus menjalani wajib militer atau diperbolehkan menerima hak khusus.

Polemik tersebut terjadi setelah salah satu member BTS, Jin, tahun ini sudah berusia 30 tahun dan memasuki usia wajib untuk menjalani wajib militer. Namun di waktu bersamaan, prestasi BTS secara global membuat Korea Selatan diuntungkan.

Berdasarkan aturan wajib militer Korea Selatan, ada sejumlah golongan laki-laki yang mendapatkan pengecualian. Mereka adalah para atlet dan musisi klasik yang membawa nama besar Korea Selatan ke dunia.

Pada 31 Agustus 2022, Kemenhan Korea Selatan, Lee Jong Sub, menyebut akan mengadakan poling untuk menentukan hal tersebut. Namun pihak Kemenhan justru mendapatkan respons negatif dari publik sehingga memutuskan untuk membatalkan rencana itu.

Hingga perusahaan bergerak dalam bidang riset di Korea Selatan, JOWON C&I, membuat polling pribadi untuk mendengar suara publik mengenai wajib militer BTS. Polling tersebut dibuka pada 4 September 2022 dengan hasil yang cukup jelas.

Mayoritas pemilih sebesar 54,1 persen sepakat BTS harus menjalani wajib militer. Sementara 40 persen lainnya setuju BTS mendapatkan pengecualian.

Sebanyak 73,2 persen pemilih di usia 20-an sepakat BTS harus menjalani wajib militer. Begitu juga pemilih di usia 30 tahun (60,4 persen), 40 tahun (49,4 persen), dan lebih dari 60 tahun (47,5 persen) sepakat RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook harus menjalani wajib militer.



Sementara untuk para politikus, 63,8 persen pemilih konservatif setuju untuk mewajibkan wajib militer kepada BTS. Diikuti oleh 52,3 persen politikus sentis dan 47,3 persen progresif.

Kemenhan pun kemudian bicara soal poling tersebut dan menegaskan keputusan wajib militer untuk BTS tidak akan diambil berdasarkan voting apa pun.

"Saya menegaskan kami tidak akan membuat keputusan tentang masalah wajib militer BTS berdasarkan hasil jajak pendapat publik," tegasnya.

Sementara itu, saat ini BTS masih memfokuskan diri pada aktivitas individu.

TABLOIDBINTANG.COM -  

Penulis : Asteria Dalila
Editor: Asteria Dalila
Berita Terkait