Konser Gratis BTS Picu Kontroversi, HYBE Klarifikasi soal Dana Besar

Asteria Dalila | 23 September 2022 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BTS akan menggelar konser bertajuk BTS Yet to Come in Busan pada 15 Oktober 2022. Konser ini digelar tanpa dipungut biaya.

Sejak awal, rencana konser BTS tersebut mengundang banyak kontroversi. Selain soal lokasi, beredar kabar yang menyebut acara ini akan menggelontorkan dana besar-besaran beserta pertanyaan dari mana dana tersebut akan diambil.

Pada 22 September 2022, pihak HYBE akhirnya buka suara. Mereka membenarkan biaya besar yang akan dikeluarkan untuk konser ini, namun menegaskan dana akan dibagi dengan berbagai pihak.

HYBE menyebut biaya konser akan ditanggung oleh sponsor, iklan streaming online, dan proyek dari anak perusahaan The City Project. Agensi juga akan ikut membiayai pengeluaran yang tak bisa ditutup oleh sejumlah langkah yang sudah mereka lakukan.

"BTS juga akan tampil di konser tanpa biaya, yang merupakan keinginan dari artis kami untuk memberikan pertunjukan gratis kepada fans," ungkap HYBE.

"HYBE dan BTS selalu fokus pada hasil daripada biaya yang dikeluarkan ketika berpartisipasi dalam acara nasional. Agensi dan BTS telah berpartisipasi dalam berbagai acara nasional baik besar maupun kecil. Kami bergabung untuk berkontribusi pada negara dan masyarakat, dan sama sekali tidak pernah mempermasalahkan biaya," lanjutnya.

HYBE pun menegaskan acara besar tak bisa ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah karena sebagian besar berasal dari pajak rakyat. Sehingga, pihak pemerintah mendukung konser ini dengan menyediakan lokasi dan menginvestasikan dana dengan anggaran terbatas tanpa mengganggu kas daerah.

HYBE pun mengungkap seberapa penting bagi BTS untuk mengikuti acara ini dan mendukung upaya Busan untuk menjadi tuan rumah World Expo 2030. Lewat acara ini, mereka berharap fans dapat berkumpul di satu tempat yang sama sembari meningkatkan kunjungan para wisatawan lokal maupun internasional ke Busan.

"HYBE dan BTS akan membantu mempromosikan Busan World Expo 2030. Kami berharap bisa membuat Busan menjadi tempat yang lebih diperhatikan publik dunia melalui konser ini," pungkasnya.

Penulis : Asteria Dalila
Editor: Asteria Dalila
Berita Terkait