Menteri Buka Suara soal Polemik Wajib Militer terhadap BTS, akan Diputuskan Desember 2022

Supriyanto | 7 Oktober 2022 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Korea Selatan menerapkan wajib militer (wamil) bagi setiap warganya. Seluruh pria di negeri ginseng yang telah mencukupi umur serta lolos pemeriksaan fisik dan mental, wajib menjadi tentara untuk melayani negara sesuai jangka waktu yang telah ditentukan tanpa kecuali.

Namun, muncul polemik wamil tidak diwajibkan kepada seluruh member BTS lantaran dinilai berprestasi, membawa nama Korea Selatan dikenal. Polemik tersebut sejak tahun lalu saat member tertua, Jin, memasuki usia 30 tahun.

Banyak yang meminta BTS tetap menjalani wajib militer, namun tidak sedikit juga yang mendukung mereka terbebas dari wamil.

Mengenai pro dan kontra itu, Menteri Kebudayaan Olahraga dan Turisme Korea Selatan, Park Bo Kyun, akhirnya buka suara. Ia mengatakan, permasalahan BTS wajib militer akan diputuskan pada Desember 2022.

Salah satu anggota parlemen, Lee Yong Ho, meminta Menteri Park untuk meninjau masalah wajib militer BTS. Menteri Park pun akhirnya memberi jawaban.

"Masalah wajib militer member BTS, Jin, akan diputuskan pada Desember 2022. Tapi kementerian akan menyelesaikan hal tersebut sesegera mungkin," ungkap Park Bo Kyun saat Menghadiri inspeksi Majelis Nasional terkait administrasi.

"Kami meninjau permasalahan ini secara komprehensif dengan melihat berbagai aspek termasuk pertahanan nasional adalah tugas suci, wajib militer adalah simbol keadilan," tambah Park Bo Kyun.

Menteri Park mempertimbangkan pencapaian BTS di mata dunia yang berdampak ke perekonomian Korea Selatan.

"BTS telah membuat Korea dikenal sebagai pelopor budaya Korea dan menciptakan keuntungan ekonomi yang sangat besar. Kemudian ada masalah kesetaraan antara artis populer, termasuk BTS, dan mereka yang terjun di area seni. Ini akan mempengaruhi grup ketika salah satu anggota BTS menjalani wajib militer. Akan ada hasil dari analisis opini publik dan opini warga laki-laki di usia 20-an, dan lainnya," pungkas Menteri Park.

Lebih lanjut, member tertua BTS l, Jin yang saat ini berusia 30 tahun sesuai dengan amandemen Undang-Undang Wajib Militer tahun 2020 akan mulai jalani wamil awal 2023 mendatang dan diikuti oleh member BTS lain di tahun-tahun berikutnya.

Mengenai hal ini, pihak HYBE Labels dan BigHit Entertainment masih belum bicara.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait