Status SNSD Menggantung, Bagaimana Nasib Girlband Seangkatannya?

Andira Putri | 12 Oktober 2017 | 18:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tiffany, Seohyun, dan Sooyoung SNSD tidak memperpanjang kontrak dengan SM Entertainment sejak Senin (12/10). Keputusan mereka turut berdampak kepada masa depan SNSD.

Status SNSD menggantung. SM Entertainment menegaskan jika SNSD tidak bubar. Namun, mereka masih bungkam soal rencana SNSD di masa depan.

Masa depan SNSD mengundang pertanyaan netizen. Banyak netizen menganggap kejadian tersebut sebagai akhir dari sebuah era. Ini karena SNSD menjadi salah satu girlband terakhir yang masih bertahan di angkatannya.

Rata-rata girlband seangkatan SNSD bubar pada periode 2016 hingga 2017. Sebut saja Wonder Girls, 2NE1, KARA, SISTAR, dan 4minute. Mereka mengakhiri kariernya setelah mencapai batas kontrak sebuah grup K-Pop, yaitu 7 tahun atau lebih.

Rata-rata girlband bubar karena para personelnya sudah memiliki fokus berbeda di luar grup. Ada personel yang ingin berkarier sebagai penyanyi solo seperti Sunmi Wonder Girls.

Ada juga personel yang berniat merambah bidang lain. Ini termasuk Dara 2NE1 yang kini aktif menjadi presenter. Atau Dasom SISTAR yang menjadi aktris dan membintangi sejumlah drama.

Selain bubar, ada beberapa girlband seangkatan SNSD yang statusnya dipertanyakan. Mereka sudah lama tidak merilis single atau album baru. Para personelnya juga lebih aktif dengan karier masing-masing.

Contohnya adalah f(x). Girlband dari SM Entertainment terakhir merilis album 4 Walls pada tahun 2015 dan single All Mine tahun 2016. Setelah itu, para personelnya sibuk dengan karier solo.

Krystal membintangi drama, Victoria berkarier di negara asalnya Tiongkok sementara Luna dan Amber memiliki proyek musik sendiri. Kondisi mirip terjadi kepada After School dan miss A.

Alhasil girlband seangkatan SNSD sudah jarang tampil di panggung K-Pop. Hanya girlband-girlband baru yang kini kerap muncul seperti TWICE, Blackpink, Red Velvet, dan Gfriend.

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait