Mengenang Jonghyun: Begini Transformasi Penampilan SHINee

Andira Putri | 22 Desember 2017 | 19:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jonghyun SHINee meninggal dunia pada Senin (18/12). Jonghyun SHINee bunuh diri di apartemen yang terletak di daerah Cheongdam-dong, Seoul, Korea Selatan. Tubuhnya ditemukan di antara asap dari briket batubara.

Untuk mengenang Jonghyun, kami hadirkan transformasi penampilannya bersama SHINee sepanjang karier. SHINee dikenal sebagai grup yang memiliki gaya unik dan kerap melakukan eksperimen.

SHINee debut dengan single "Replay" pada 2008. Ketika pertama kali debut, penampilan mereka masih polos dengan gaya khas remaja. Pakaian mereka pun masih didominasi kaus dengan atau tanpa lengan.

Popularitas SHINee naik setahun kemudian. Mereka merilis dua single berjudul "Juliette" dan "Ring Ding Dong". Gaya mereka memiliki nuansa berbeda untuk masing-masing single. Juliette serba warna-warni sementara "Ring Ding Dong" lekat dengan warna hitam dan merah.

Nama SHINee semakin terangkat di 2010. Mereka mendulang sukses lewat single "Lucifer" dan "Hello". Keduanya lagi-lagi hadir dengan gaya berbeda. "Lucifer" bernuansa futuristik dengan pakaian metalik. Kemudian "Hello" cenderung santai lewat padanan sweter.

Eksperimen gaya SHINee berlanjut pada 2012. Mereka mencoba gaya hippie ketika merilis single "Sherlock". Pakaian loose dengan berbagai macam motif serta warna mendominasi penampilannya.

2013 merupakan saat yang sibuk bagi SHINee. Jonghyun dan kawan-kawan merilis tiga single dengan album berbeda dalam kurun waktu setahun. Mereka juga menampilkan berbagai macam gaya dari mulai tabrak motif lewat "Dream Girl", punk rock lewat "Why So Serious?", dan militer lewat "Everybody".

SHINee meluncurkan single "View" pada 2015. Single ini diproduseri langsung oleh Jonghyun bersama LDN Noise. Untuk "View", SHINee tampil dengan gaya kasual. Mereka bernyanyi sambil menggunakan kaus tanpa lengan serta celana jeans.

2016 menjadi comeback terakhir SHINee di Korea Selatan dengan lima personel. Mereka merilis single berjudul "1 of 1". Gaya Jonghyun dan kawan-kawan mencuri perhatian. Pasalnya, mereka membangkitkan lagi gaya ala era 1990-an dengan denim dan jaket. 

(dira / bin)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait