RM BTS, Rapper Bawah Tanah yang Idealis Menjadi Penyanyi Komersial

Rizki Adis Abeba Minggu, 7 Januari 2018 14:00:26
RM BTS, Rapper Bawah Tanah yang Idealis Menjadi Penyanyi Komersial (dok. BTS Diary)

TABLOIDBINTANG.COM - Di balik kesuksesan grup BTS yang mendunia, ada sosok pimpinan grup yang genius, karismatik, dan disegani. Dialah Kim Nam Joon atau Rap Monster yang kini mengubah nama panggungnya menjadi RM (23).

Tidak hanya menjadi motor penggerak dan pemimpin dari enam personel BTS lain yakni Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, RM juga berperan sebagai penulis dan pencipta sebagian besar lagu-lagu BTS.

Asosiasi Hak Cipta Musik Korea mencatat nama RM sebagai pemilik hak cipta lebih dari 80 lagu.

Majalah hip hop AS, XXL, memasukkan nama RM ke dalam daftar 10 Rapper Korea yang Harus Diketahui.

Sebelum bergabung dengan BTS, RM rapper yang bergerak di jalur musik bawah tanah, dengan nama panggung Runch Randa. Namun ia memutuskan pindah haluan dengan mengikuti audisi bakat Big Hit Entertainment pada 2010.

Lolos audisi, RM menjalani pelatihan selama 3 tahun sebelum akhirnya debut bersama BTS pada 2013 lewat single “No More Dream” dari album pertama BTS, 2 Cool 4 School. 

Ketika memulai karier di industri musik utama bersama BTS, RM menghadapi pergulatan batin yang berat terutama terkait perubahan statusnya, dari rapper bawah tanah yang idealis menjadi penyanyi komersial.

RM BTS, Rapper Bawah Tanah yang Idealis Menjadi Penyanyi Komersial (dok. Soompi)
RM BTS, Rapper Bawah Tanah yang Idealis Menjadi Penyanyi Komersial (dok. Soompi)

Teman-teman lamanya di komunitas rapper bawah tanah mengejeknya, “Kau menjadi bodoh setelah bergabung dengan perusahaan (agensi musik).” 

Persoalan lain muncul ketika pada 2015, RM terlibat perseteruan dengan rapper grup iKon, Bobby. Dipicu sindiran Bobby terhadap RM di lirik rap lagu “Come Here”—menurut Bobby, RM menilai dirinya terlalu tinggi padahal kemampuannya biasa saja. Marah, pasti.

“Tentu saja saya sangat marah. Mengapa dia menghina saya? Namun setelah itu saya mengerti. Saya rasa orang-orang itu bisa saja seperti itu (menghinaku). Sungguh. Setelah itu, saya pikir lebih baik fokus ke diri sendiri,” ungkap RM. 

RM tak memungkiri mengalami gangguan kecemasan berlebihan akibat memikirkan cemoohan orang lain. Namun ia berhasil tiba di titik terang.

“Entah saya seorang idola atau seorang artis, sejujurnya itu tidak penting. Apa yang kalian pikirkan saat melihat saya, itulah saya,” RM menyimpulkan.

(riz / gur)

Penulis Rizki Adis Abeba
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.