Tagar MeToo Membongkar Skandal Pelecehan Seksual di Industri Hiburan Korea

Rizki Adis Abeba | 19 Maret 2018 | 07:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak Oktober 2017 jagat media sosial diramaikan dengan tagar gerakan MeToo yang mengajak para korban pelecehan seksual untuk berani bersuara.

Gerakan ini muncul sebagai reaksi atas terbongkarnya kasus pelecehan seksual yang dilakukan sutradara Harvey Weinstein (65).

Setelah ramai di Amerika, gerakan #MeToo mulai marak di Korea. Yang mencengangkan, gerakan ini turut membuka tabir kelam soal banyaknya kasus pelecehan seksual di kalangan pelaku industri hiburan Korea.

Gerakan #MeToo di Korea diawali akhir Januari lalu ketika seorang jaksa wanita Seo Ji Hyeon mengungkap kasus pelecehan seksual terhadap dirinya yang dilakukan salah seorang mantan pejabat di Kementerian Hukum Korea Selatan. Semenjak Seo Ji Hyeon muncul di berbagai mgerakan #MeToodi Korea kian gencar. Satu per satu kasus pelecehan di dunia hiburan  terkuak.

Kasus pertama yang mencuat adalah pengakuan sutradara wanita yang pernah dilecehkan oleh rekan sutradara bernama Lee Hyun Ju pada 2015. Akibat kasus ini, Lee Hyun Ju membuat permintaan maaf dan memutuskan pensiun dari industri hiburan serta dicoret dari keanggotaan asosiasi sutradara Korea.

Gerakan #MeToodi Korea turut membongkar skandal pelecehan seksual sejumlah aktor senior seperti Choi Il Hwa (58), Jo Min Ki (52), Jo Jae Hyun (52), dan Oh Dal Su (49).

Nama sutradara Kim Ki Duk (57) dan Oh Tae Seok (77), serta sutradara pementasan teater Lee Youn Taek (65) turut disebut sebagai pelaku. Satu per satu aktor tersebut memohon maaf dan mengundurkan diri dari proyek atau jabatan yang tengah diembannya. 

Jo Min Ki hengkang dari serial Children of God. Choi Il Hwa mengundurkan diri dari jabatan Direktur Asosiasi Aktor Korea dan Penasihat Akademik di jurusan teater Universitas Sejong.

“Saya ingin meminta maaf kepada mereka (para korban). Maaf karena terlambat mengumpulkan keberanian. Saya tidak ingin menghindari ini seperti pengecut. Meski ini tidak akan menyembuhkan luka mereka (korban), saya akan melakukan perenungan diri dan siap menerima sanksi berdasarkan hukum,” ungkap Choi Il Hwa.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait