Stray Kids, Boyband K-Pop Baru Penerus 2PM - GOT7

Andira Putri | 27 Maret 2018 | 13:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Stray Kids tengah menyita perhatian publik. Boyband K-Pop ini resmi debut lewat single District 9 dari album I am NOT pada Senin (26/3).

Album debut Stray Kids menerima respon positif. Tidak tanggung-tanggung, Stray Kids berhasil menempati posisi pertama tangga lagu iTunes di 10 negara termasuk Indonesia.

Stray Kids merupakan boyband yang bernaung di bawah agensi JYP Entertainment. Agensi ini dikenal sebagai salah satu yang terbesar dalam industri musik K-Pop. Sebelum Stray Kids, JYP Entertainment sudah sukses menelurkan boyband 2PM dan GOT7.

Sebagai salah satu agensi besar, JYP Entertainment memiliki cara tersendiri untuk memperkenalkan Stray Kids. Mereka tidak langsung muncul dengan album debutnya melainkan tampil terlebih dahulu dalam ajang kompetisi bertajuk Stray Kids sejak Agustus hingga Desember 2017.

Strategi serupa pernah dilakukan JYP Entertainment pada tahun 2015. Saat itu, mereka menayangkan ajang kompetisi Sixteen untuk membentuk girlband TWICE. Langkah mereka berhasil dimana TWICE mampu menjadi pembicaraan saat debut dan meraih popularitas dalam waktu singkat.

Stray Kids menghadirkan sembilan orang pemuda, yaitu Bang Chan, Woojin, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin, dan I.N. yang bergabung dalam tim sama. Mereka dituntut untuk menyelesaikan sejumlah misi dari mulai menulis lagu hingga melakukan penampilan di depan publik.

Berbeda dengan ajang kompetisi lain, Stray Kids tidak fokus terhadap kekuatan setiap personel. Ajang ini menekankan kerjasama tim. Hasil akhirnya adalah apakah mereka bisa debut bersembilan atau tidak. Para personel bisa menjawab tantangan tersebut dan resmi debut secara lengkap dengan nama Stray Kids.

Stray Kids resmi terjun di industri musik K-Pop tahun 2018. Mereka merilis album pre-debut bertajuk Mixtape tanggal 8 Januari lalu. Album ini berisi tujuh lagu yang muncul dalam ajang kompetisi Stray Kids. Contohnya adalah Hellevator dan Beware.

Lewat Mixtape, Stray Kids mampu menorehkan prestasi. Mereka berhasil merajai tangga lagu iTunes di empat negara. Album ini juga debut pada posisi kedua dalam tangga lagu Korea Selatan, yaitu Gaon.

Jika melihat pencapaian pre-debut mereka, tidak heran Stray Kids juga meraih kesuksesan serupa ketika debut. Ini menjadi modal kuat mereka untuk bertahan di industri musik K-Pop. Stray Kids diprediksi mampu menyamai bahkan melebihi kesuksesan 2PM dan GOT7.

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait