Kisah Andy Lau Bantu Aktor Kent Cheng yang Bangkrut dan Punya Utang 36 Miliar

Binsar Hutapea Kamis, 9 September 2021 14:30:21
Kisah Andy Lau Bantu Aktor Kent Cheng yang Bangkrut dan Punya Utang 36 Miliar

TABLOIDBINTANG.COM - Penggemar film Mandarin era 1980-an dan 1990-an pasti familiar dengan sosok aktor tambun asal Hong Kong Kent Cheng. Hampir empat dekade berkarier, Kent telah membintangi puluhan judul film dan serial televisi Hong Kong. 

Kent mencuri perhatian khalayak setelah memerankan karakter Fei Mao atau Fat Cat di film Why Me? (1985). Di sana, ia berakting bareng Chow Yun Fat dan Olivia Cheng. Perannya sebagai penyandang difabel itu membuatnya menyabet penghargaan sebagai Aktor Terbaik di Hong Kong Film Awards. Setelah itu, tawaran berakting mengalir deras. Tak cuma akting, belakangan Kent juga merambah menjadi sutradara. 

Kent juga melebarkan sayap dengan meluncurkan perusahaan filmnya sendiri pada 1990-an. Perusahan itu didirikan bersama sejumlah temannya. Sayang, bisnisnya gagal. Perusahaannya bangkrut dan punya utang 20 juta dolar Hong Kong atau sekitar Rp36 milar. Untuk melunasi utang, Kent tidak punya pilihan selain menjual barang-barangnya. Kent juga menerima tawaran main film di Tiongkok untuk membayar utangnya.

Selama masa sulit itu, sang istri Lam Yin Ming setia di sampingnya melalui semua itu. Teman baik Kent, aktor Andy Lau juga ikut membantunya dengan memberinya kesempatan kerja. Andy mendapuk Kent ikut bergabung sebagai produser film Brothers yang rilis pada 2007.

Kent Cheng
Kent Cheng

Bantuan dari Andy Lau selalu diingat Kent. “Berapa banyak sih orang di industri film yang dengan tulus membantu orang lain? Saya tidak pernah mengira Andy akan membantu orang seperti saya,” tutur bintang Ip Man ini, seperti dikutip TodayOnline.  

Berkat kerja kerasanya--dan bantuan Andy Lau--kondisi finansial Kent Cheng kian membaik. Bahkan beberapa waktu lalu pria yang berusia 70 tahun itu dilaporkan menyumbangkan 500 ribu dolar Hong Kong atau mendekati Rp1 miliar untuk membantu mereka yang terkena dampak pandemi Covid-19.


Penulis Binsar Hutapea
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore