10 Alasan Chow Yun Fat adalah Aktor Paling Rendah Hati Sedunia

Binsar Hutapea Rabu, 15 September 2021 19:00:33
Chow Yun Fat

TABLOIDBINTANG.COM - Empat dekade berkarier di dunia film, Chow Yun Fat mengukuhkan dirinya sebagai superstar film-film Mandarin. Meski begitu, hidup bintang God of Gamblers ini sangat rendah hati dan membumi. Hal itu terlihat dari kesehariannya yang sangat sederhana seperti kebanyakan orang.  

Berikut adalah 10 kesederhanaan hidup Yun Fat yang membuatnya disebut sebagai aktor paling rendah hati di dunia.   

 1. Bekerja Serabutan Sebelum Menjadi Aktor

Chow Yun Fat meninggalkan bangku sekolah pada usia 17 untuk membantu perekonomian keluarganya dengan melakukan sejumlah pekerjaan sepeti pelayan, tukang pos, penjual kamera, dan sopir taksi. Beberapa tahun kemudian, Yun Fat melihat iklan surat kabar perihal lamaran menjadi aktor. Television Broadcasts Limited (TVB) di Hong Kong kemudian menerima lamarannya. Dari situ, jalan Yun Fat mulai terbuka lebar.

2. Mendonasikan Hasil Penjualan Buku Fotografi untuk Amal

Di sela kesibukan syuting, Yun Fat kerap memotret foto lokasi syuting film. Foto-foto hasil jepretan Yun Fat dituangkan dalam buku berjudul Moving Pictures. Louis Vuitton kemudian menerbitkan 1.000 eksemplar buku tersebut. Hasil penjualan buku itu didonasikan ke Palang Merah Hong Kong. 

3. Ikut Membersihkan Jalan di Hong Kong setelah Topan Hato

Pada Agustus 2017, Topan Hato menimbulkan kerusakan parah di Hong Kong. Akibat badai tersebut jalan di Hong Kong banjir dan banyak pohon tumbang. Seorang warga yang sedang berjalan menyusuri jalan di Kowloon pada 23 Agustus 2017 melihat seseorang pria keluar dari mobilnya lalu memindahkan pohon tumbang yang menghalangi jalan. Pria tersebut adalah Yun Fat. 

4.  Sering Bepergian Naik Angkutan Umum

Yun Fat sering menggunakan angkutan umum karena jalanan  Hong Kong selalu padat. Naik angkutan umum baginya lebih praktis, santai, dan dirasa lebih nyaman daripada harus menyetir mibil pribadi.

5. Lebih suka makanan pinggir jalan daripada restoran mewah

Seperti kebanyakan orang, Yun Fat lebih menyukai makanan pinggir jalan daripada restoran mewah. Ketika berkunjung ke Singapura pada Desember 2015, Yun Fat sempat mampir ke outlet sederhana Ya Kun Kaya Toast di Far East Square.

6. Berbelanja di toko pakaian diskon

Selebriti biasanya menggunakan busana rancangan desainer yang harganya selangit. Tapi tidak dengan Yun Fat. Ia pernah terlihat mengenakan kaus seharga 200 ribu dan sendal seharga hanya 30 ribu. Yun Fat juga disebut sering berbelanja pakaian diskonan.

7. Menggunakan ponsel Nokia Selama 17 tahun

Ketika ditanya di sebuah acara bincang-bincang tentang ponsel apa yang digunakan, Yun Fat dengan bangga mengatakan memakai Nokia generasi pertama. Sang istri kemudian mengungkapkan bahwa suaminya menggunakan ponsel Nokia selama 17 tahun dan baru saja beralih ke ponsel cerdas baru-baru ini. Itu pun karena baterai ponsel Nokianya sudah rusak.

8. Hidup Hanya dengan 1,4 juta sebulan

Dalam sebuah wawancara Yun Fat pernah mengungkapkan hanya menghabiskan 800 dolar Hong Kong  atau Rp1,4 juta per bulan. Untuk orang yang punya penghasilan triliunan, angka tersebut terbilang sangat kecil.

9. Tak Keberatan Diminta Foto Selfie oleh Fans

Sering naik angkutan umum dan berbelanka sendiri, Yun Fat sering dikenali penggemar. Saat diminta foto bareng, Yun Fat nyaris tak pernah menolak. Oleh penggemarnya Yun Fat digambarkan sebagai karakter periang yang selalu siap untuk difoto.

10. Ingin Menyumbangkan Seluruh Kekayaannya untuk Amal

Beberapa tahun lalu Yun Fat mengumumkan akan menyumbangkan seluruh kekayaannya untuk amal. Adapun total kekayaannya ditaksir mencapai 5,6 miliar dilar Hong Kong atau sekitar Rp10,2 triliun. Luar biasa bukan?


Penulis Binsar Hutapea
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore