Bukan Nama Sebenarnya, Ini Sejarah dan Asal-usul Nama Jackie Chan

Binsar Hutapea Kamis, 23 September 2021 23:30:13
Jackie Chan (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Jackie Chan merupakan bintang laga populer yang telah berkiprah selama lebih dari lima dekade. Film-filmnya digameri di seluruh dunia. Ada satu fakta menarik tentang Jackie. Rupanya nama Jackie Chan bukanlah nama asli. Dan ternyata ada sejarahnya hingga ia menggunakan nama Jackie Chan.  

Jackie Chan lahir pada tahun 1954 dari pasangan Charles dan Lee Lee Chan. Saat lahir, orang tuanya memberikan dia nama Chan Kong Sang.  "Nama itu berarti lahir di Hong Kong,'' kata Jackie sutu kali dalam sebuah wawancara. Setelah berusia 6 tahun, orang tua Jackie memboyong anaknya ke Australia untuk mencari nafkah. Di sana, mereka bekerja di Konsulat Amerika Serikat sebagai pelayan. 

Saat tinggal di Australia, di sekolah guru bahasa Inggrisnya memanggil Jackie dengan nama Steven, mungkin karena dia kesulitan menyebutkan nama aslinya. Uniknya, di konsulat Amerika tempat orang tuanya bekerja, Jackie dikenal sebagai Paul. Nama itu adaptasi dari nama panggilan orang tuanya untuk Jackie, Ah Pau. Ah Pau yang merupakan bahasa Kanton untuk peluru meriam (canonnball) memang terdengar seperti Paul. 

Di kemudian hari, saat bekerja sebagai penuang semen, atasannya memanggilnya Jack. Padahal nama tersebut menurunkan nama sopir yang menurunkannya di lokasi tempatnya bekerja. Jackie kemudian terjebak dengan nama Jack. Tapi ia tidak menyukai itu. Ia kemudian menambahkan huruf "y" di belakang Jack, menjadi Jacky Chan. 

Ketika kemudian kemudian terjun ke dunia film, Raymond Chow, bos Jackie di perusahaan film Golden Harvest menyarankan agar Jacky dieja dengan 'ie' karena nama tersebut lebih enak dilihat di poster film yang dibintangi Jackie.


Penulis Binsar Hutapea
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore