Sering Dikira Orang Jepang saat Rintis Karier di Hollywood, Jackie Chan Lakukan Ini

Redaksi | 9 Oktober 2021 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jackie Chan sering terlihat mengenakan busana tradisional Tiongkok tangzhuang. Ternyata ada cerita di balik kegemarannya memakai busana tersebut. Seperti apa kisahnya?

Bintang Police Story ini mulai rajin menggunakan tangzhuang setelah melebarkan kariernya ke Amerika Serikat. Jackie mengatakan, meski sangat terkenal di Asia, dia bukan siapa-siapa di Amerika. Karena itu, orang di AS sering mengira dia adalah orang Jepang. “Saya akan menjelaskan bahwa Hong Kong bukan bagian dari Jepang,” kata Jackie Chan dalam buku memoir Jackie Chan: Never Grow Up, Only Get Older.

“Bagi banyak orang, orang Asia terlihat sama.... Jadi saya pikir, saya harus memberi tahu mereka semua bahwa saya orang Tiongkok dari cara berpakaian saya. Jadi saya mulai memakai tangzhuang,” katanya. “Setelah saya menjadi terkenal di dunia internasional, tangzhuang menjadi identik dengan saya,” lanjut ayah Jaycee Chan ini.

Jackie Chan mulai merambah ke Amerika Serikat pada 1980-an. Dalam buku tersebut, ia juga sempat bercerita mengenai lika-liku  mempromosikan film yang dibintanginya di AS. Bukannya bertanya soal film, wartawan Amerika malah menanyakan kepadanya apakah dia bisa memecahkan batu bata dengan tangan kosong. Ada juga wartawan yang memintanya memamerkan seni bela diri.

Hal itu rupanya membuat Jackie Chan kesal sekaligus sedih. "Saya sangat terganggu dengan pertanyaan-pertanyaan itu," kata Jackie. “Saya sudah menjadi bintang yang sangat populer di Asia; semua orang menghormati saya, jadi mengapa mereka menggoda saya seperti seekor monyet?” katanya.

Setelah wawancara dengan media, Jackie Chan kembali ke kamar hotelnya dan menangis dengan keras. Ia lalu bertanya pada dirinya sendiri, “Mengapa saya meninggalkan pasar Asia dan datang ke tempat di mana tidak ada yang menyukai saya?"

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait