Lepas Kewarganegaraan Singapura, Gong Li Diejek Cuma Peduli pada Dompetnya

Redaksi Minggu, 24 Oktober 2021 04:00:23
Gong Li lepas kewarganegaraan Singapura. (Istimewa)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebulan setelah Nicholas Tse mengungkap telah melepaskan kewarganegaraan Kanada, muncul berita bahwa aktris Gong Li melakukan hal sama. Aktris cantik tersebut disebut telah melepas kewarganegaraan Singapura dan kembali menjadi warga negara Tiongkok.

Wanita berusia 55 tahun itu resmi menjadi  warga negara Singapura pada 2008 atau lebih dari satu dekade setelah pernikahannya dengan taipan tembakau Ooi Hoe Seong pada 1996. Meskipun telah bercerai dengan Hoe Song pada 2010, Gong Li, yang kemudian menikah dengan musisi Prancis Jean-Michel Jarre, tetap memegang kewarganegaraan Singapura.

Baru-baru ini, pemerintah Tiongkok disebut telah meluncurkan Operasi Qinglang, yang bertujuan untuk mengatur perilaku di internet serta mengatur sektor budaya dan hiburan. Khusus di dunia hiburan, sejumlah selebriti keturunan Tionghoa yang bukan berkewarganegaraan Tiongkok dimasukkan dalam daftar hitam (blacklist). Selain Gong Li, Jet Li yang memegang paspor Singapura, kemudian Liu Yifei (Amerika,) Zhang Tielin (Inggris), Mark Chao (Kanada), Will Pan (Amerika), dan Wang Leehom (Amerika) juga disebut masuk dalam daftar blacklist pemerintah Tiongkok.

Netizen sendiri memiliki reaksi beragam terhadap berita soal Gong Li yang kembali berkewarganegaraan Tiongkok. Beberapa netizen memuji keputusunnya itu. "Patriotismenya perlu diacungi jempo, meskipun sebenarnya hal itu datang sedikit terlambat," komentar netizen. 

Sementara yang lain mengecamnya. Gong Li disebut kembali menjadi warga negara Tiongkok demi melindungi dompetnya. Pasalnya, dengan menjadi warga negara Tiongkok, maka ia bisa keluar dari daftar hitam dan tetap bisa berkarier di Tiongkok.


Penulis Redaksi
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore