Kisah Jackie Chan Dihajar oleh Bruce Lee hingga Jatuh Roboh

Binsar Hutapea Selasa, 9 November 2021 06:30:33
Jackie Chan dan Bruce Lee memiliki reputasi sebagai dua bintang film kung fu terbesar sepanjang masa. (dok.IST)

TABLOIDBINTANG.COM - Jackie Chan dan Bruce Lee memiliki reputasi sebagai dua bintang film kung fu terbesar sepanjang masa. Bruce Lee tampil di sejumlah film dari 1971 dan 1973, sementara Chan, yang memiliki gaya dan citra yang jauh berbeda dengan Lee, mendominasi genre tersebut selama beberapa dekade berikutnya.

Rupanya, kedua bintang laga ini pernah tampil dalam satu frame di film Enter the Dragon (1973). Lee menjadi bintang utama film tersebut, sementara Chan yang saat itu berusia 19 tahun hanya memerankan figuran kecil. Chan menjadi salah satu dari beberapa lawan tanpa nama yang harus dihadapi karakter Bruce Lee sekaligus dalam sebuah adegan. Ada kejadian menarik saat adegan perkelahian tersebut dibuat. Tanpa sengaja, Lee menghajar wajah Chan menggunakan senjata double stick hingga dia roboh.

Dalam sebuah wawancara, Jackie Chan pernah mengungkap kronologi kejadian tersebut. “Saya di belakang kamera, menunggu, menunggu, saya hanya melihat Bruce Lee—pa-pow, pa-pow, pa-pow—lalu saya berlari dan... BOOM!,” kata Chan. “Tiba-tiba mata saya menjadi hitam karena (Lee memukul saya dengan) satu tongkat, tepat di kepala saya. Saya merasa sedikit pusing, tapi tidak apa-apa. Saya melihat Bruce Lee dan dia tidak melakukan apa-apa.

Dia kemudian melihat semua orang dan terus berakting. Tak lama dia berbalik, melihat ke sutradara dan berkata, "cut!" Dia lalu melempar double stick itu ke bawah dan berkata, "Ya Tuhan!" Dia berlari ke arahku dan mengangkatku. "Maafkan saya, saya minta maaf." Dan, sebenarnya, saya tidak kesakitan lagi karena (saya saat itu) seorang pria muda, sangat tangguh. Tapi, saya tidak tahu mengapa, saya berpura-pura itu sangat menyakitkan. Aku hanya ingin Bruce Lee memelukku selama yang dia bisa," cerita Chan panjang lebar.

Cha menambahkan, Lee kemudian sempat mendatanginya lagi untuk menanyakan namanya dan bertanya gaya apa yang dia latih.

Beberapa tahun kemudian Jackie Chan membintangi sejumlah film hit aksi yang diproduksi di Hong Kong, seperti Drunken Master dan New Fist of Fury. Selama era 1980-an Chan tumbuh menjadi bintang terbesar di Tiongkok berkat film sukses seperti The Big Brawl dan Police Story. Pada tahun 1990-an daya tarik Chan beralih ke penonton internasional lewat film Rumble in the Bronx yang dirilis pada 1995.

 


Penulis Binsar Hutapea
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore