Orang Tua Kecanduan Smartphone Pengaruhi Perilaku Anak

Christiya Dika Handayani | 5 Juli 2017 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat ini banyak orang cenderung akan menghabiskan waktu dengan bermain ponsel. Misalnya, saat makan, aktivitas bermain dan rutinitas dengan anak-anak. Jika hal itu terjadi pada Anda, lebih baik menghindarinya mulai sekarang. Karena hal itu dapat menyebabkan masalah perilaku pada anak Anda. 

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa jumlah gangguan terkait penggunaan teknologi yang rendah atau tampak normal berdampak pada masalah perilaku anak, seperti sensitifitas yang berlebihan, temperamen, hiperaktif dan rewel. “Temuan ini menunjukkan hubungan antara penggunaan teknologi digital dan disfungsi hubungan antara orang tua dan anak-anak mereka,” kata pemimpin penulis Brandon T. Mc Daniel, Asisten Profesor di Illinois State University, Amerika Serikat.

Ketika orang tua menggunakan smartphone, respon mereka terhadap anak akan berubah, dan penggunaan perangkat tersebut menyebabkan interaksi yang kurang ideal dengan anak-anak mereka. “Sangat sulit untuk mengalihkan perhatian antara semua informasi penting dan hal yang menarik perhatian dalam smartphone,” tambah Jenny Radesky, ahli perilaku anak dan dokter anak di Rumah Saki Anak C.S. Mott, Amerika Serikat.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Children Development ini, menganalisis survei yang dilakukan secara terpisah kepada ayah dan ibu dari 170 rumah tangga. Hampir 48 persen dari mereka melaporkan gangguan smartphone tiga kali atau lebih pada hari biasa. Sekitar 17 persen dari mereka mengatakan hal itu terjadi sekali, dan 24 persen mengatakan terjadi dua kali dalam sehari.

Hanya 11 persen yang mengatakan tidak ada hal yang terjadi. Menurut periset, menyediakan waktu tertentu, misalnya saat makan atau bermain dengan anak, dengan tidak menggunakan smartphone dapat membantu mengurangi ketegangan dalam keluarga. Menetapkan batas penggunaan smartphone juga harus dilakukan agar tidak menganggu waktu berkualitas dengan anak-anak, seperti dilansir dari boldsky.com.

(dika/yb) 

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait