Mengenali Beragam Jenis Cat dan Peruntukannya Berdasarkan Kilaunya

HOME.CO.ID | 17 Oktober 2017 | 20:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Terkadang kita dibuat bingung, mengapa cat terlihat berbeda satu sama lain, walau sama - sama cat tembok. Well, ternyata, hanya berdasarkan kilaunya saja, jenis cat sedikitnya ada empat jenis. Keempatnya ini yang paling sering digunakan di Indonesia. 

Setiap jenis kilau cat tembok ini ada yang bisa diaplikasikan di luar ruangan, ada pula yang bisa diterapkan sebagai elemen dekoratif pada interior. Keempat jenis cat tersebut antara lain:

1. Cat tembok doff

Cat tembok jenis doff memiliki tingkat kilau yang relatif sedikit, bahkan mungkin tidak ada kilau sama sekali pada beberapa merek cat tertentu. Hal ini karena bahan penyusunnya yang mengandung pigmen. Kelebihan dari cat jenis ini adalah tahan terhadap terik matahari dan perubahan cuaca yang drastis.

2. Cat tembok egg shell

Seperti namanya, cat jenis egg shell memiliki warna khas menyerupai cangkang telur. Cat ini pernah menjadi tren desain rumah beberapa tahun yang lalu. Adapun kelebihannya adalah mudah dibersihkan dan memiliki daya pantul yang relatif lebih rendah.

3. Cat tembok silk

Cat silk mempunyai tampilan yang elegan dan mewah. Karena itulah, cat ini sering digunakan dalam pembuatan dekorasi bergaya elite seperti di restoran, cafe, galeri lukisan, dan sebagainya. Selain itu, cat silk juga kerap digoreskan pada perhiasan dan aksesoris karena bertekstur lembut.

4. Cat tembok glossy

Penggunaan cat berjenis glossy saat ini sedang tren karena memiliki tingkat kilap yang paling bagus. Daya tahan dari cat ini juga terbilang awet. Cat ini paling tepat diterapkan pada tembok yang sering mendapat pantulan cahaya.

 

HOME.CO.ID

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait