5 Hal Beda di Pernikahan Harry - Meghan Markle dan William - Kate Middleton

Andira Putri | 21 Mei 2018 | 17:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pangeran Harry dan William telah melepas masa lajang mereka. Pangeran Harry menikah dengan Meghan Markle pada Sabtu (19/5). Sementara Pangeran William mempersunting Kate Middleton pada 2011.

Meski sama-sama pangeran Inggris, pernikahan Harry dan William tidak lantas serupa. Ada sejumlah perbedaan dari pernikahan kakak beradik putra pasangan Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana ini. 

Apa saja perbedaan dalam pernikahan Pangeran Harry dengan Meghan Markle serta Pangeran William dengan Kate Middleton? Berikut daftarnya:

1. Lokasi Pemberkatan

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengikat janji di Kapel St. George, Kastil Windsor, Inggris. Lokasinya ternyata berbeda dengan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Saat itu, mereka melakukan prosesi pemberkatan di Gereja Westminster Abbey, Inggris.

2. Tamu Undangan

Perbedaan lokasi acara berpengaruh terhadap jumlah tamu undangan. Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle hanya dihadiri 600 tamu. Namun, pasangan ini menyiapkan tempat pada bagian luar kapel untuk 1.200 masyarakat umum. 

Jumlah tamu undangan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle jauh lebih sedikit dari sang kakak. Pangeran William dan Kate Middleton mengundang 1.900 tamu. 

3. Kostum Pengantin

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle cenderung sederhana dari segi kostum. Pangeran Harry mengenakan seragam militer hitam dengan ruffles pada bagian tengah. Kemudian Meghan Markle hanya memakai gaun putih polos serta tudung berbordir bunga.

Kostum Pangeran William dan Kate Middleton terlihat lebih megah di hari pernikahannya. Pangeran William tampil dengan seragam militer merah menyala. Sementara Kate Middleton hadir mengenakan gaun putih panjang beraksen brokat bunga. 

4. Kue Pernikahan

Pangeran Harry dan Meghan Markle mendobrak tradisi Kerajaan Inggris lewat pemilihan kue. Model dan bahannya berbeda dari pernikahan lain termasuk Pangeran William dan Kate Middleton. Saat itu, mereka menghadirkan kue tujuh tingkat dengan rasa buah.

Kue pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle hanya memiliki tiga tingkat. Bahannya pun spons dengan rasa bunga elder untuk menyesuaikan nuansa musim semi.

5. Ciuman Pertama

Perbedaan terakhir berhubungan dengan ciuman pertama pengantin. Pangeran Harry dan Meghan Markle hanya berciuman singkat di depan Kapel St. George. Mereka lalu menyapa masyarakat umum yang menjadi tamu undangan dan naik kerete kuda untuk berkeliling.

Di sisi lain, Pangeran William dan Kate Middleton menyapa ribuan masyarakat umum dari balkon Istana Buckingham. Mereka kemudian melakukan ciuman pertama sebagai pasangan pengantin.

(dira/bin)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait