Media Sosial Inggris Banyak Berisi Konten Negatif untuk Meghan Markle

TEMPO | 8 Maret 2019 | 18:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meningkatnya pernyataan rasis dan melecehkan Duchess of Sussex Meghan Markle beberapa bulan setelah pengumuman kehamilannya membuat kerajaan Inggris melakukan tindakan tegas. Istana Kensington mengerahkan lebih banyak orang untuk menghapus komentar-komentar negatif tentang Meghan dan memblokir akun Twitter dan Instagram yang rasis dan melecehkan.

Tak hanya itu, Istana Kensington juga membuat perangkat lunak untuk menyaring pengunaan kata serta emoji berbentuk senjata dan pisau. Pekan lalu, istana juga menerbitkan panduan bagi orang-orang berinteraksi di media sosial. Menurut lembaga advokasi Hope Not Hate, lebih dari 5.000 tweet berisikan tagar anti-Meghan yang diposting antara Januari hingga pertengahan Februari 2019. Ada 20 akun Twitter yang 70 persen meng-tweet tagar anti-Meghan dengan foto dan meme. Akun-akun media sosial ini membuat konten negatif tentang Meghan.

Beberapa akun media sosial itu merupakan jaringan dari situ kelompok tengah-jauh meski belum ada bukti kelompok tengah-jauh ini berkampanye untuk menentang istri pangeran Harry ini. Twitter sudah memblokir sejumla akun yang menyebarkan kebencian dan rasialisme terhadap Meghan. Sejak Meghan dan Harry terungkap menjalin hubungan kasih pada 2016, ketidaksukaan pada wanita asal Amerika Serikat itu memang sudah muncul.

Penulis buku Slay in Your Lane, Yomi Adegoke mengatakan, Meghan Markle sangat berbeda dengan apa yang diasosiasikan kebanyakan orang dengan keluarga kerajaan Inggris. "Dia orang asing, tidak hanya orang Amerika, namun dia berdarah kulit hitam, dia janda," kata Adegoke seperiti dikutip dari CNN, Kamis, 7 Maret 2019.

Meghan Markle dan Harry akan menimang bayi pertama mereka dalam beberapa waktu lagi. Bayi ini akan menjadi bayi pertama dalam sejarah kerajaan Inggris selama ribuan tahun yang lahir dari percampuran ras. Sehingga muncul berbagai spekulasi mengenai sosok bayi.

"Begitu banyak percakapan di Twiter, tidak hanya kaum rasis tapi juga orang-orang pendukung Meghan tentang gen resesif, apakah bayi itu akan tampak seperti orang Afrika, apakah hidung bayi mirip seperti hidung ibunya," ujar peneliti Hope Not Hate, Patrik Hermansson. Menurutnya, pembicaraan tentang sosok bayi yang akan dilahirkan Meghan Markle akan seperti apa akan terdengar sangat mengerikan. "Banyak orang mengemumkan ide bahwa semakin gelap penampilan bayi, maka akan semakin buruk perlakuannya."

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait