Katy Perry Harus Membayar 7,8 Miliar Karena Kasus Penjiplakan Lagu Dark Horse

Hari Murtono Minggu, 4 Agustus 2019 07:00:44
Katy Perry (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Katy Perry dikenal luas sebagai salah satu penyanyi wanita terlaris dan berpenghasilan tertinggi. Lagu ciptaannya pun banyak digemari dan menjadi hit internasional. Lagu 
"Dark Horse" lagu yang menghasilkan uang untuknya. Tetapi karena kasus penjiplakan, label rekamannya membayar dua kali lipat.

Juri pengadilan federal di Los Angeles baru saja memberikan hukuman ganti rugi, dan Perry harus membayar 550 ribu dollar atau setara 7,8 Miliar rupiah  untuk rapper Flame. Dia menggugat Katy Perry, Dr. Luke dan 7 penulis lagu lainnya di "Dark Horse" karena dianggap mengambil nada dari lagu ciptaannya, "Joyful Noise."

Capitol Records juga seorang menjadi terdakwa dalam kasus ini dan juri memerintahkannya untuk membayar bagian terbesar 1,2 juta dollar.Secara keseluruhan, Flame akan mendapatkan total 2,7 juta dolar dari semua terdakwa. Juri mengatakan lagunya bertanggung jawab atas 22,5 persen dari keuntungan "Dark Horse".

Lagu gospel Flame menerima nominasi Grammy pada 2008 dan nadanya diambil untuk lagu "Dark Horse" 6 tahun kemudian.  Keputusan juri tentang kesalahan besar terjadi setelah mendengar 2 hari penuh kesaksian beberapa pihak tentang album Perry, "Prism". Sejak dirilis Perry diperkirakan  meraih keuntungan 3,2 juta dollar. sementara Capitol Records menghasilkan  31 juta dolar. 

Label musik Flame mengunggah video "Joyful Noise" di YouTube pada tahun 2008, dan meraih jutaan penayangan selama bertahun-tahun. Dalam gugatan pertama kali yang diajukan pada tahun 2014, Flame mengklaim Perry mencuri nada lagunya. Dia juga mengatakan itu menghancurkan reputasinya dalam musik Kristen karena dia menjadi terkait dengan citra anti-Kristen yang hadir di video musik "Dark Horse".

Perry mengklaim dia bahkan tidak pernah mendengar lagu Flame sebelum ada gugatan. Katy bahkan mengatakan kepada juri bahwa dia pertama kali mendengar ketukan dari Dr. Luke saat mereka nongkrong di Santa Barbara dan mengklaim dia menulis "Dark Horse" hanya dalam 4 jam. Video musik "Dark Horse" saat ini telah ditonton sebanyak 2,6 miliar kali di YouTube.

Penulis Hari Murtono
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.