Harry - Meghan Markle Mundur dari Keluarga Kerajaan, Begini Reaksi Ratu Elizabeth II

Binsar Hutapea | 9 Januari 2020 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ratu Elizabeth II angkat bicara soal pengumuman menghebohkan Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur dari status sebegai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. 

Dalam rilis yang dibuat Istana Buckinghan, kantor resmi Ratu Elizabeth II, dinyatakan soal pengunduran diri Pangeran Harry dan Meghan Markle itu masih dalam tahap awal pendiskusian. 

“Diskusi (soal pengunduran diri) dengan The Duke and Duchess of Sussex masih dalam tahap awal. Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda, tapi ini adalah isu yang rumit dan memerlukan waktu yang panjang untuk membereskannya,” begitu isi pernyataan tersebut.  

Pangeran Harry dan Meghan Markle membuat pengumuman yang mengejutkan lewat Instagram resmi mereka, @sussexroyal, pada Kamis (9/1). Dalam pengumuman itu, pasangan ini memutuskan mundur dari statusnya sebagai anggota senior di keluarga Kerajaan Inggris. 

"Setelah berbulan-bulan melakukan refleksi dan diskusi internal, kami telah memilih melakukan transisi tahun ini untuk mengukir peran baru yang progresif dalam lembaga (Kerajaan Inggris) ini. Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota senior dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu. Dengan dorongan dari Anda, khususnya selama beberapa tahun terakhir, kami merasa siap untuk melakukan penyesuaian ini," kata pasangan tersebut.

Lebih lanjut, Pangeran Harry dan Meghan Markle menyatakan akan menghabiskan waktunya di Inggris dan Amerika Utara. Hal ini berlawanan dengan kebiasaan keluarga Kerajaan yang selama berabad-abad hanya menetap di Inggris. 

"Kami berencana untuk menyeimbangkan waktu kami antara Inggris dan Amerika Utara, dan terus menghormati tugas kami untuk Ratu, Persemakmuran, dan panutan kami. Keseimbangan geografis ini akan memungkinkan kami untuk membesarkan putra kami dengan apresiasi terhadap tradisi kerajaan tempat ia dilahirkan, namun juga memberi keluarga kami ruang untuk fokus pada bab berikutnya, termasuk peluncuran entitas amal baru kami."  

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait