Netizen Tiongkok Serukan Boikot Keanu Reeves Gara-gara Hal Ini

Binsar Hutapea Selasa, 25 Januari 2022 23:59:04
Keanu Reeves

TABLOIDBINTANG.COM - Bintang Matrix Keanu Reeves mendapat krtitikan keras dari netizen Tiongkok atas partisipasinya dalam konser amal untuk Tibet yang bakal diadakan pada 3 Maret mendatang. Imbasnya, muncul seruan untuk memboikot Keanu dan juga film The Matrix Resurrections. 

Diketahui konser Tibet House US Benefit akan diadakan secara virtual karena pandemi Covid-19. Selain Keanu Reeves,  bintang lain seperti penyanyi Amerika Iggy Pop, Jason Isbell, dan Patti Smit juga tampil di konser ini. Hasil penjualan konser akan disumbangkan ke Tibet House AS, sebuah organisasi nirlaba berbasis di New York yang didirikan atas permintaan Dalai Lama untuk memastikan kelangsungan budaya Tibet. 

Konser Tibet House US Benefit sendiri diadakan di sekitar Tahun Baru Tibet dan Festival Doa Monlam, yang merupakan topik sensitif bagi pemerintah Tiongkok karena hubungannya dengan gerakan kemerdekaan Tibet. 

The Matrix Resurrections, yang menghidupkan kembali franchise film hit yang dimulai dengan The Matrix (1999), mulai tayang di Tiongkok pada bulan Desember lalu. 

Seorang pengguna media sosial Weibo menuliskan kekecewaan pada Keanu. "Saya dulu adalah penggemar Reeves bukan hanya karena dia aktor yang hebat, tetapi juga karena dia memiliki warisan Tiongkok. Tapi rupanya kami memiliki pandangan yang berbeda tentang masalah Tibet dan tidak ada salahnya bagi saya untuk berhenti menyukai dia karena hal itu," tulisnya. 

Keanu, yang jarang membuat kontroversi selama kariernya, pernah membintangi film Little Buddha (1993), yang menceritakan sekelompok biksu Tibet yang mencari kelahiran kembali guru Buddha mereka. Di film itu, Keanu memainkan peran Pangeran Siddhartha, Sang Buddha sebelum mendapatkan pencerahan.


Penulis Binsar Hutapea
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore