Kuno dan Bikin Tak Nyaman, Kate Middleton Langgar Aturan Kerajaan Inggris Ini

Redaksi Selasa, 30 November 2021 18:30:23
Kate Middleton saat peringatan Remembrance Day. (Instagram/Dukeandduchessofcambridge)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai anggota Kerajaan Inggris, Kate Middleton terikat sejumlah protokol. Tapi dari waktu ke waktu, Kate tak segan melanggar protokol kerajaan. Salah satunya adalah keharusan wanita kerajaan mengenakan mantel di dalam ruangan.

Melepas mantel di dalam ruangan mungkin merupakan hal yang sangat normal untuk dilakukan. Tetapi hal itu tidak lazim dilakukan keluarga kerajaan. Merupakan hal biasa bagi wanita Kerajaan Inggris untuk tetap mengenakan mantel selama kunjungan resmi, meskipun itu di dalam ruangan. Mengapa? Dalam aturan gaya berbusana keluarga kerajaan, menanggalkan mantel atau jaket dianggap tindakan yang mengurangi keanggunan wanita. Itulah alasan mengapa Kate, Meghan Markle, dan banyak wanita kerajaan lainnya sering terlihat mengenakan mantel di dalam ruangan. Meski begitu, aturan ini tidak berlaku untuk pria kerajaan. Ini berarti ketika suami Kate, Pangeran William, muncul di sebuah acara dengan mengenakan mantel, sangat diperbolehkan baginya untuk melepasnya saat melangkah masuk ruangan.

Pada 10 November lalu, Duchess of Cambridge menghadiri acara resmi Remembrance Day (semacam Hari Pahlawan) di Inggris. Dia tiba di Museum Perang Kerajaan London dengan mantel biru tua, blus yang terinspirasi militer, dan celana. Saat memasuki museum, alih-alih mengenakan mantelnya, dia membuat tindakan mengejutkan dengan melepas mantelnya. Itu berarti Kate berjalan di sekitar museum tanpa mantel saat dia bertemu dengan para penyintas Holocaust untuk menandai Galeri Holocaust yang baru dibuka.

Komentator Kerajaan Inggris Elizabeth Holmes kemudian membahas soal tersebut via Instagramnya. 

"Begitu di dalam (Museum Perang Kerajaan), Kate melepas mantelnya," kata penulis buku HRH: So Many Thoughts on Royal Style. “Seharusnya itu tidak menjadi masalah besar. Itu adalah hal yang sangat umum untuk dilakukan semua orang di mana pun. Tapi yang kita bicarakan adalah Keluarga Kerajaan, dan mereka biasanya tidak 'melepas jubah' (alias melepas mantel mereka) di depan umum."

Holmes menduga Kate melepas mantelnya karena aturan tersebut dirasanya sebagai hal yang kuno dan tak nyaman.

Sementara itu, penata gaya pribadi Samantha Harman menilai Kate melanggar protokol kerajaan dengan tidak mengenakan mantel di dalam ruangan. "Kate seharusnya tetap menggunakan mantelnya di dalam ruangan sesuai protokol kerajaan," katanya seperti diungkap Express. "Aturan ini sering dikaitkan dengan Ratu (Elizabeth II) yang menganggap melepas mantel di depan publik bukan tindakan seorang lady, meskipun tidak ada bukti yang jelas tentang ini," sebutnya.

"Bahkan ketika Pangeran William mengenakan jumper atau kardigan, Duchess akan tetap mengenakan mantelnya," jelasnya. “Pada 2021 hal semacam ini dianggap kuno. Mengapa satu aturan untuk wanita dan yang lain untuk pria?” sebutnya.

"Kate melepas mantelnya adalah cara halus untuk mengatakan 'Saya manusia biasa, sama seperti orang lain' dan juga, 'Saya siap untuk bertanggung jawab sekarang,'" pungkas Harman.


Penulis Redaksi
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore