Billie Eilish Tentang Sindrom Tourette yang Diidapnya: Sangat Melelahkan

Indra Kurniawan Rabu, 25 Mei 2022 16:00:23
Billie Eilish hidup dengan sindrom Tourette. (Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Billie Eilish hidup dengan sindrom Tourette, yang didiagnosis pada usia 11 tahun. Pemenang Grammy Award itu mengakui memiliki gangguan saraf tersebut saat tampil di pemutaran perdana musim ke-4 acara bincang-bincang Netflix David Letterman pada Jumat (20/5) lalu.

Kepada David Letterman, Billie Eilish berterus terang tentang hidup dengan sindrom Tourette. Dia mengaku sangat senang membicarakan hal tersebut. Baginya topik tersebut sangat menarik.

"Saya sebenarnya sangat suka menjawab pertanyaan tentangnya karena sangat, sangat menarik, dan saya sangat bingung karenanya dan saya tidak mengerti," kata Billie Eilish dikutip dari People.

"Saya tidak pernah tidak tic sama sekali, karena tic utama yang saya lakukan terus-menerus, sepanjang hari, seperti, saya menggoyangkan telinga saya ke depan dan ke belakang dan mengangkat alis saya dan mengklik rahang saya, tekuk lengan ini, tekuk otot-otot ini. Ini hal-hal yang tidak akan pernah Anda sadari jika Anda hanya berbicara dengan saya, tetapi bagi saya, itu sangat melelahkan," jelas Billie Eilish.

Billie Eilish (Instagram)
Billie Eilish (Instagram)

Dia bercerita didiagnosis sindrom Tourette ketika berusia 11 tahun setelah mengalami tic fisik kecil sebagai seorang anak, yang diperburuk ketika dia lebih tua. Sindrom Tourette merupakan gangguan yang membuat pengidapnya tiba-tiba melakukan gerakan atau ucapan berulang yang tidak disengaja dan di luar kendali, yang juga disebut dengan istilah tic.

Billie Eilish mengatakan ketika dia melakukan aktivitas seperti menyanyi atau menunggang kuda, dia tidak mengalami tic sebanyak itu. Eilish menganggapnya sebagai suatu keanehan.

"Ini benar-benar aneh, saya belum membicarakannya sama sekali. Cara paling umum orang bereaksi adalah mereka tertawa karena mereka pikir saya mencoba untuk menjadi lucu," jelas Eilish kepada Letterman.

"Mereka pikir saya lucu. (Tic) sebagai gerakan yang lucu. Dan mereka berkata, 'Ha.' Dan saya selalu merasa sangat tersinggung karenanya. Atau mereka bertanya 'Apa?' Dan kemudian saya pergi, 'Saya punya Tourette'" tambahnya.

Tanpa disadari menurut Eilish banyak orang yang memiliki sindrom Tourette namun tak pernah disadari.

"Begitu banyak orang yang memilikinya sehingga Anda tidak akan pernah tahu. Beberapa artis maju dan berkata, 'Saya sebenarnya selalu memiliki Tourette,'" kata Eilish.

"Dan saya tidak akan berkencan dengan mereka karena mereka tidak ingin membicarakannya. Tapi itu sebenarnya sangat menarik bagi saya karena saya seperti, 'Kamu lakukan? Apa?'" lanjutnya.

Billie Eilish sebelumnya mengungkapkan diagnosisnya dengan sindrom Tourette pada 2018 setelah penggemar membuat kompilasi video dari tic-nya, menurut Billboard.

"Bukannya aku menyukainya, tapi aku merasa itu bagian dari diriku. Aku berteman dengannya. Jadi sekarang, aku cukup percaya diri," renung Eilish di My Next Guess.

(ind)


Penulis Indra Kurniawan
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore