Mengaku Alami Pelecehan, Aktris Pemain Crazy Rich Asian Dibully Hingga Ingin Bunuh Diri

Supriyanto | 29 September 2022 | 04:00 WIB

Salah satu bintang film Crazy Rich Asians, Constance Wu akhirnya mengungkap pernah menjadi korban pelecehan seksual yang dialami pada 2015 lalu. Bahkan, bukannya mendapat dukungan untuk berani melawan, Wu malah disarankan bunuh diri.

Dikutip dalam wawancara dengan New York Times, pelecehan seksual yang dialami aktris 40 tahun itu dilakukan oleh seorang anggota senior tim produksi sitkom Fresh Off the Boat.

Constance Wu, mengatakan selama musim pertama syuting sekitar 2015, dirinya sudah mulai merasakan adanya pelecean dari salah satu kru senior.

"Fresh Off the Boat adalah acara TV pertama saya. Saya dilempar ke dunia ini. Saya tidak memiliki orang tua di industri ini. Dan karena saya berusia 30 tahun, orang mengira saya tahu apa yang saya lakukan. Itu membuatku paranoid dan malu," ungkap Constance Wu.

Constance Wu menceritakan diminta mengirim foto selfie oleh produser dan dipaksa untuk menonton pertandingan basket dengannya. Saat menyaksikan basket Wu mengingat pelaku menyentuh bagian kakinya.

Pada Festival Atlantik, Jumat (23/9) kemarin Constance Wu berbicara soal momen #MeToo

"Saya tutup mulut untuk waktu yang sangat lama tentang banyak pelecehan dan intimidasi seksual yang saya terima di dua musim pertama pertunjukan," ucap Wu.

"Saya menanganinya, tidak ada yang harus tahu, saya tidak perlu menodai reputasi produser Asia-Amerika ini, saya tidak perlu menodai reputasi pertunjukan," terang Constance Wu.

Ia pun mengungkap alasan mengapa memilih tutup mulut dan baru mau membuka kisah itu.

"Penerbit saya benar-benar mendorong saya untuk menulis tentang itu. Saya seperti, 'Tidak, saya sudah selesai dengan bab itu dalam hidup saya,'" kenang Constance Wu.

"Dan kemudian saya akhirnya menyadari itu penting untuk dibicarakan karena saya memang memiliki pengalaman yang cukup traumatis beberapa tahun pertama saya di acara itu, dan tidak ada yang tahu tentang itu karena pertunjukan itu bersejarah bagi orang Asia-Amerika," bebernya.

Namun sangat disayangkan, ungkapan Wu soal kejadian yang dialami malah mengundang reaksi negatif dari para netizen dan juga kerabat artis yang berdarah Asia.

"Saya merasa tidak enak dengan apa yang saya katakan, dan ketika beberapa DM dari sesama aktris Asia memberitahu saya bahwa saya akan menjadi penyakit di komunitas Asia-Amerika (AsAms), saya mulai merasa seperti tidak pantas untuk hidup lagi. Saya merasa memalukan bagi AsAms, dan mereka akan lebih baik tanpa saya," kata Constance Wu.

"Menengok ke belakang, sungguh nyata beberapa DM meyakinkan saya untuk mengakhiri hidup saya sendiri, tetapi itulah yang terjadi. Untungnya, seorang teman menemukan saya dan membawa saya ke UGD," tuturnya.

Pada Juli kemarin, Constance Wu mengungkapkan dirinya pernah melakukan percobaan bunuh diri setelah reaksi yang dipicu oleh tweet-nya. Kala itu, ia menyatakan kekecewaan pada Fresh Off the Boat dan produser.

"Saya takut untuk kembali ke media sosial karena saya hampir kehilangan nyawa saya karenanya: 3 tahun yang lalu, ketika saya membuat tweet yang ceroboh tentang acara TV saya, itu memicu kemarahan dan malu yang menjadi sangat parah," tutup Constance Wu.

(pri)

 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait