12 Fakta Mengejutkan Raja Charles, dari Hobi Hingga Makanan Favorit

Redaksi | 6 Oktober 2022 | 15:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Raja Charles naik takhta setelah ibunya, Ratu Elizabeth II, wafat pada 8 September lalu. Chrles disebut pewaris terlama dalam sejarah Inggris. Dia sudah berstatus sebagai pewaris takhta ketika baru berusia tiga tahun.

Berikut adalah 12 hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang raja baru Inggris ini seperti diungkap Isiber. 

1. Raja terakhir yang tak lahir di Rumah Sakit

Charles mungkin penguasa Inggris terakhir yang tidak dilahirkan di rumah sakit. Kedua putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry, lahir di Lindo Wing Rumah Sakit St Mary di Paddington, London. Pangeran George, yang saat ini berada di urutan kedua sebagai pewaris takhta, juga lahir di Rumah Sakit St Mary.

2. Menjadi pewaris takhta sejak usia tiga tahun

Ratu Elizabeth dinobatkan sebagai raja pada 6 Februari 1952, setelah kematian ayahnya, Raja George VI. Elizabeth baru berusia 25 tahun saat itu. Putra sulungnya, Charles yang berusia tiga tahun, kemudian menjadi pewaris takhta.
Charles naik takhta pada 8 September setelah kematian ibunya. Dia adalah pewaris terlama dalam sejarah Inggris, yaitu selama 70 tahun. Charles juga merupakan raja tertua yang menduduki takhta Inggris di usia 73 tahun.

3. Jadi korban ejekan di sekolah

Charles adalah pewaris kerajaan pertama yang menempuh pendidikan di luar istana. Chrles muda bersekolah di Hill House School di London, di mana ia bergaul dengan siswa lain. Dia kemudian dipindahkan ke Cheam School di Hampshire.

Menurut Vanity Fair, Charles rindu rumahnya selama bersekolah dan mengirim surat ke rumah setiap minggu. Dia juga dilaporkan diintimidasi di sekolah oleh anak-anak lain yang mengejeknya karena telinga dan berat badannya yang menonjol. Sensitif dan tidak terlalu berbakat dalam bidang atletik, Charles lebih menyukai melukis dan menggambar.

4. Dianggap seniman paling sukses di Inggris

Seperti nenek buyutnya, Ratu Victoria, Charles adalah seniman yang produktif. Ia menyukai cat air dan melukis pemandangan alam yang indah, seperti gunung dan danau.

Meski menggambarkan dirinya sebagai pelukis amatir, menurut The Telegraph, Chaeles adalah anggota kehormatan Royal Academy dan Royal Watercolor Society, dan lukisannya telah terjual lebih dari 2 juta dolar AS.

5. Makanan favorit Charles adalah daging domba

Seorang mantan koki kerajaan memberi tahu bahwa sarapan kesukaan Charles adalah buah prem dari kebun dan granola miliknya sendiri. Sang koki juga mengatakan bahwa salah satu makanan favorit Charles adalah daging domba dengan risotto jamur.

6. Bertemu Putri Diana 13 kali sebelum menikah pada 1989

Menurut Town & Country, Charles dan Diana banyak melakukan percakapan melalui telepon. Kurang dari setahun setelah pasangan itu mulai berkencan dan setelah 13 pertemuan langsung, Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer mengumumkan pertunangannya. Pada 29 Juli 1981, Charles dan Diana menikah dalam upacara televisi yang spektakuler dan kemudian disebut sebagai pernikahan abad ini

7. Melanggar aturam kerajaan saat kelahiran Harry

Putri Diana adalah bangsawan pertama yang melahirkan di rumah sakit. Sebelumnya para bangsawan melahirkan di istana. Charles hadir pada saat kelahiran kedua putranya, yang sebetulnya dianggap melanggar protokol kerajaan.

8. Bertemu Camilla di pertandingan polo di Kastil Windsor pada 1970

Romansa Camilla dan Charles kandas setelah sang Pangeran ditempatkan di Angkatan Laut Kerajaan pada tahun 1972. Dia kemudian berhubungan dengan Diana Spencer, yang dia nikahi pada Juli 1981.

9. Ayah baptis dan ayah tiri Tom Parker Bowles

Tom merupakan putra Camilla dengan mantan suaminya, Andrew Parker Bowles. Saat Charles bertugas di Angkatan Laut Kerajaan, Camilla bertunangan dengan Andrew yang merupakan perwira kavaleri Angkatan Darat. Mereka menikah pada tahun 1973, tetapi pasangan itu tetap berteman baik dengan sang pangeran.
Camilla dan Charles tetap terhubung selama bertahun-tahun, dan ini kemudian membuat rumah tangga Camilla bubar. Charles dan Camilla resmi menikah dengan Camilla pada 5 April 2005 setelah bertahun-tahun berpacaran.

10. Perselingkuhan Charles dengan Camilla menjadi berita utama nasional pada November 1992

Transkrip percakapan telepon intim antara Charles dan Camilla dirilis ke publik pada November 1992. Dalam percakapan itu, Charles mengatakan ingin menjadi celana dalam atau tampon Camilla.

11. Charles melakukan perjalanan ke Paris untuk membawa jenazah Putri Diana kembali ke Inggris

Pada dini hari tanggal 31 Agustus 1997, Putri Diana dan Dodi Fayed terlibat dalam kecelakaan mobil yang menewaskan mereka berdua serta sopir mereka Henri Paul di Paris, Prancis.

Menurut The Telegraph, Fayed dan Paul tewas akibat benturan, sementara Diana, yang saat itu berusia 36 tahun, meninggal karena luka yang diderita dalam kecelakaan di rumah sakit Prancis beberapa jam kemudian. Raja Charles (saat itu Pangeran Charles) segera pergi ke Paris untuk mengambil jenazah mantan istrinya dan membawanya kembali ke Inggris.

12. Nama kode Dinas Rahasia Amerika Serikat untuk Charles adalah "Unicorn"

Sebelum kematiannya, nama kode rahasia untuk Ratu Elizabeth adalah "Kittyhawk" atau "Redfern."

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait