Donald Glover, Aktor Multitalenta Pemeran Lando Calrissian

Yuriantin | 10 Juni 2018 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain Alden Ehrenreich (28), Donald Glover (34) juga mencuri perhatian dalam Solo: A Star Wars Story. Akting aktor berkulit hitam ini sebagai Lando Calrissian menuai pujian kritikus dan penonton.

Tak sedikit yang meminta karakter Lando dibuatkan film sempalan sendiri. Sukses di dunia akting, Donald juga mencatatkan prestasi di industri musik. Menggunakan nama panggung Childish Gambino, Donald menduduki puncak tangga lagu Billboard dengan lagu "This Is America". 

Sejak awal, Donald sudah jatuh hati dengan karakter Lando. Aktor kelahiran 25 September ini berupaya agar karakter Lando jatuh ke tangannya. "Ketika saya dengar mereka (Lucasfilm & Disney) membuat film ini, saya memberi tahu agen saya, 'Jika mereka membuat apa pun yang ada karakter Lando di dalamnya, saya harus menjadi Lando,'" kenang Donald. 

Karakter Lando, yang sebelumnya diperankan Billy Dee Williams (81), ini akhirnya jadi milik Donald setelah ia melewati 7 kali proses audisi. Perjuangan aktor bernama lengkap Donald McKinley Glover ini tak sia-sia. Ia dibanjiri pujian termasuk oleh Billy. "Dia pria muda yang sungguh berbakat," sanjung aktor yang memerankan Lando dalam Star Wars V dan VI. 

Bukan cuma memerankan karakter ikonis, peran Lando juga jadi pencapaian karier akting Donald. Sebelumnya, aktor yang memulai karier akting pada 2005 ini lebih banyak terlibat dalam serial televisi dan video pendek. Donald baru tampil di layar lebar lewat Mystery Team (2009). Berlanjut dengan peran minor di Magic Mike XXL (2015), The Martian (2015), dan Spider-Man: Homecoming (2017). Akting Donald di layar lebar belum membuahkan penghargaan. 

Beda dengan aktingnya di serial televisi. Salah satunya, serial drama-komedi Atlanta, di mana ia menjabat penulis skrip, sutradara, produser dan aktor. Berkat kerja kerasnya, Donald dianugerahi Emmy Awards gelar Aktor Utama Terbaik dalam Serial Televisi Komedi dan Sutradara Terbaik 2017. Golden Globes turut mengapresiasinya dengan gelar Aktor Utama Terbaik dalam Serial Televisi Musikal atau Komedi dan Atlanta sebagai Serial Terbaik Musikal atau Komedi tahun yang sama.

Dari bidang musik, Donald menggondol Grammy tahun ini untuk kategori Performa R&B Tradisional Terbaik lewat lagu “Redbone”—lagu yang juga beroleh nomine kategori bergengsi Rekaman Tahun Ini. Donald sudah menelurkan 3 album studio dan 2 album mini. Kini, ia mencatatkan namanya perdana di puncak tangga lagu Billboard dengan lagu "This Is America". 

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait