Menyatakan Diri Telah Memeluk Islam, Siapakah Sinead O'Connor?

Bunga Kusuma Dewi | 26 Oktober 2018 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sinead O’Connor mencuri perhatian publik setelah pernyataannya memeluk agama Islam pada pekan lalu. Pemilik nama lengkap Sinead Marie Bernadette O’Connor lahir pada 8 Desember 1966 di Dublin, Irlandia.

Nama Sinead disematkan orang tuanya karena terinspirasi dari nama Sinead de Valera, istri Presiden Eamon de Valera.

Sinead mulai terkenal pada akhir 80an dengan lagu Nothing Compares 2 U. Lagu tersebut hits di Irlandia, Inggris, Jerman, Australia dan AS. Debut albumnya The Lion and The Cobraberhasil terjual higga 2,5 juta copy.  

                

Puncaknya, album I Do Not Want What I Haven’t Got yang dirilis tahun 1990 mendudukan dia ke peringkat pertama dengan penjualan mencapai 7 juta copy.  Hingga saat ini, O’Connor telah mengeluarkan 10 album solo.

Seiring ketenarannya, kesehatan mental O’Connor juga bermasalah. Dilansir dari dailymail, O’Connor pernah didiagnosis gangguan bipolar lebih dari satu dekade yang lalu. Dia telah berjuang dengan depresi dan pasca stres traumatis selama bertahun-tahun.

Kepada Oprah Winfrey  dia mengatakan sebelum diagnosis bipolar dia telah berjuang dengan pikiran untuk bunuh diri dan rasa takut yang luar biasa. Hal tersebut terjadi pada tahun 2007. Dia mengaku konsumsi obat yang rutin telah membantunya untuk sembuh.  

Empat tahun berlalu setelah wawancara tersebut, O’Connor justru menyatakan dirinya telah salah diagosis dengan gangguan bipolar.

Namun, kesehatan mental O'Connor tampaknya belum sepenuhnya pulih. Karena pada tahun 2015, lewat akun facebooknya, O’Connor mengatakan telah overdosis di sebuah hotel di suatu tempat di Irlandia. Polisi Irlandia langsung mengecek keberadaannya dan mengatakan kondisi O’Connor temukan aman dan baik-baik saja.

Pada Mei 2016, ibu empat anak ini dinyatakan hilang setelah bersepeda di pinggiran kota Chicago. Hal tersebut membuat keluarganya mengerahkan polisi untuk mencarinya.

Para penggemarnya melalui akun resmi facebook merespon hilangnya  O’Connor  karena gangguan kesehatan mental yang dialami bertahun-tahun lalu. Mereka khawatir O’Connor telah melakukan upaya untuk bunuh diri.

Beruntung, tak lama menghilang, Sinead O’Connor ditemukan oleh polisi di sebuah hotel kecil tak terkenal di pinggiran kota Chicago.

Pada Agustus 2017, O’Connor kembali membuat khawatir penggemarnya. Dia membuat video yang menyatakan sedang berjuang melawan pikiran untuk bunuh diri.

Dalam video yang dibuat dari tempat tidur di kamarnya di Hackensack, O’Connor menjelaskan jika saat ini dia sedang berada di New Jersey. ”Saya sekarang tinggal di motel Travelodge di ujung akhir New Jersey. Saya sendiri,” kata O’Connor seperti dilansir dari dailymail.

”Sama sekali tidak ada orang dalam hidupku kecuali dokterku, psikiaterku –pria paling manis di dunia, yang mengatakan aku adalah pahlawannya-, dan itu adalah satu-satunya hal yang membuatku hidup saat ini... dan itu agak menyedihkan.”

”Saya ingin semua orang tahu bagaimana rasanya, itulah mengapa saya membuat video ini. Penyakit mental, itu seperti obat-obatan, tidak memberikan siapa Anda, dan apa yang lebih buruk, itu stigma, itu tidak memberi Anda siapapun.”

Penyanyi dan penulis lagu Irlandia itu mengibaratkan kondisi kesehatan mentalnya seperti tengah bertarung dengan jutaan orang. Semoga keputusan agama yang ia pilih saat ini membuat O’Connor menjadi lebih baik dan mentalnya tidak bermasalah lagi. 

(bun / wida)

Penulis : Bunga Kusuma Dewi
Editor: Bunga Kusuma Dewi
Berita Terkait